KPU Kuningan Gelar Rapat Koordinasi Persiapan Pendaftaran Paslon

KPU Kuningan Gelar Rapat Koordinasi Persiapan Pendaftaran Paslon

Kuningan, Selasa 2 Januari 2018. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kuningan menggelar Rakor Persiapan Pendaftaran Pasangan Calon Pilkada Serentak Tahun 2018 Kabupaten Kuningan yang bertempat di Kantor Polres Kabupaten Kuningan. Kegiatan tersebut dihadiri oleh Ketua KPU Kabupaten Kuningan Heni Susilawati, Ketua Panwaslu Kabupaten Kuningan Jubaedi, Kapolres Kabupaten Kuningan AKP Yuldi Yusman, Lektol Daru Cahyadi Soeprapto Kodim 0615 Kuningan, Waka Polres Kubupaten Kuningan Nanang Suhendar, Komisioner KPU Kabupaten Kuningan Divisi Teknis Perencanaan dan Data Dadan Hamdani, Komisioner KPU Kabupaten Kuningan Divisi Hukum Jajang Arifin, Anggota Panwaslu Kabupaten Kuningan Abdul Jalil Hermawan, Kapolsek seKabupaten Kuningan dan Danramil seKabupaten Kuningan.

Dalam Rakor tersebut, Heni menyampaikan bahwa Pilkada Kuningan akan dilaksanakan di 32 kecamatan pada hari Rabu tanggal 27 Juni 2018 dengan jumlah alokasi Tempat Pemungutan Suara (TPS) sejumlah 2005 TPS. Untuk tahapan persiapan yang sudah dilalui meliputi perencanaan program dan anggaran; penyusunan dan penandatangan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD); Penyusunan dan pengesahan peraturan penyelenggaraan Pemilihan; Sosialisasi kepada masyarakat dan penyuluhan/ bimbingan teknis kepada KPU Provinsi/ KIP Aceh, KPU Kabupaten/ Kota, PPK, PPS, dan KPPS; Pembentukan PPK, PPS, dan KPPS.

“Dalam Tahapan Persiapan yang paling dekat, KPU akan melaksanakan pemutakhiran data dan daftar pemilih. Untuk Tahapan Penyelenggaraan dalam Pilkada Kuningan 2018, terdekat yakni Pendaftaran Pasangan Calon pada tanggal 8 s.d. 10 Januari Kuningan. Penelitian syarat calon dan syarat pencalonan pada tanggal 8 s.d. 16 Januari 2018. Penetapan Pasangan Calon pada tanggal 12 Februari 2018. Pengundian dan Pengumuman Nomor Urut Pasangan Calon 13 Februari 2018.” tutur Heni.

Tahapan Penyelenggaraan lainnya, yakni 15 Februari s.d. 23 Juni 2018 memasuki masa Kampanye (termasuk Debat Publik). Masa tenang dan pembersihan alat peraga dilaksanakan tanggal 24 s.d. 26 Juni 2018. Pemungutan dan Perhitungan Suara pada tanggal 27 Juni 2018. Rekapitulasi Perhitungan Suara Tingkat Kecamatan tanggal 28 Juni s.d. 4 Juli 2018. Rekapitulasi Perhitungan Suara Tingkat Kabupaten tanggal 4 s.d. 6 Juli 2018.

Kepada semua elemen dalam Rakor tersebut, Heni pun menjelaskan mengenai Syarat Pencalonan melalui Partai Politik atau Gabungan Partai Politik yakni Paling sedikit 20 persen dari jumlah kursi DPRD yakni 50 kursi x 20% = 10 kursi; 25 persen dari akumulasi perolehan suara sah 546.104 x 25% = 136.526. Ketentuan perolehan suara sah, berlaku bagi parpol yang memiliki kursi di DPRD. Hasil Pemilu 2014 menunjukkan perolehan kursi di DPRD untuk NasDem 3 kursi, PKB 5 kursi, PKS 5 Kursi, PDIP 10 kursi, Golkar 7 kursi, Gerindra 4 kursi, Demokrat 5 kursi, PAN 8 kursi, dan PPP 3 kursi.

Dalam penyampaian sambutannya, Kapolres Kuningan AKP Yuldi Yusman menyampaikan apresiasi atas lancarnya koordinasi dan komunikasi KPU Kabupaten Kuningan kepada pelbagai pihak yang berkaitan langsung dengan Pilkada Kabupaten Kuningan Tahun 2018 termasuk kepada pihak yang bertanggung jawab di sektor pengamanan. Menurutnya, semoga lancarnya hal tersebut dapat menjadi salah satu indikator atas suksesnya Pilkada Kuningan Tahun 2018.

Selanjutnya kepada peserta Rakor, Dadan Hamdani memandu penyampaian gagasan, pendapat, usulan untuk menyambut tahapan pendaftaran pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Kuningan Tahun 2018 pada tanggal 8 s.d. 10 Januari 2018 di kantor KPU Kabupaten Kuningan. Beberapa peserta Rakor diantaranya memberikan saran agar KPU membuat skema lokasi kegiatan dan titik-titik keramaian yang memungkinkan terjadi ketika pelaksanaan agar dapat dikoordinasikan dengan pihak pengamanan demi terselenggaranya tahapan Pilkada Kuningan yang damai.***

Komentar

comments