KPU Kuningan Gelar Rapat Konsolidasi Pemutakhiran Data Pemilih

KPU Kuningan Gelar Rapat Konsolidasi Pemutakhiran Data Pemilih

Kuningan, 3 Februari 2019. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kuningan menggelar rapat konsolidasi pemutakhiran data pemilih. Kegiatan yang berlangsung di Rumah Makan Flamboyan tersebut dihadiri oleh Ketua KPU Kabupaten Kuningan Asep Z. Fauzi, Komisioner KPU Kuningan Maman Sulaeman, Asep Budi Hartono, Dudung Abdu Salam, Lestari Widyastuti, dan Plt. Sekretaris KPU Kuningan Asep Pepen Ruspendi. Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) se-Kabupaten Kuningan hadir lengkap sebagai peserta rapat yang dimulai sejak pukul 09.00 WIB tersebut.

“Pemilu tinggal menghitung hari. Tepatnya 73 hari lagi. Tahapan yang sekarang sedang berjalan itu tentang pemutakhiran data pemilih yakni Daftar Pemilih Tambahan (DPTb) dan Daftar Pemilih Khusus (DPK). Jajaran penyelenggara mesti fokus dan konsentrasi kaitan tahapan tesebut.” tutur Asep Z. Fauzi.

Ketua KPU Kuningan yang lebih akrab dipanggil Asfa itu, kemudian menjelaskan bahwa semua komponen harus memahami bahwa hak pilih itu hak semua warga negara. Dalam realisasinya tentu penyelenggara harus mengacu pada regulasi yang berlaku.

“Kepada PPS, PPK diharapkan memberikan pemahaman tentang A.5 (surat keterangan pindah memilih. Artinya begini, bahwa PPS ketika mengeluarkan A.5 harus dengan memberikan penjelasan kepada pemilih tersebut mengenai surat suara yang akan ia peroleh di TPS tujuan. Itu penting. Apalagi jika pemilih tersebut pindah ke dapil yang berbeda dengan dapil sebelumnya.” tutur Asfa.

Asfa kemudian menyampaikan bahwa rapat konsolidasi ini diharapkan dapat menjadi kegiatan yang penuh manfaat dan maslahat serta dijadikan kesempatan berharga bagi penyelenggara untuk berdialog tentang kepemiluan. Sehingga pasca kegiatan, PPK dapat mentransformasikan hasil dari rapat konsolidsi ini kepada PPS.***

Komentar

comments