KPU Kuningan Gelar Rakor Persiapan Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Penghitungan Suara Untuk Tingkat Kabupaten

KPU Kuningan Gelar Rakor Persiapan Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Penghitungan Suara Untuk Tingkat Kabupaten


Kuningan, Senin 2 Juli 2018. Menjelang bergulirnya Rapat Pleno Rekapitulasi Penghitungan Suara di Tingkat Kabupaten pada tanggal 4 Juli 2018, Komisi Pmeilihan Umum (KPU) Kabupaten Kuningan menggelar Rapat Koordinasi Persiapan  Rekapitulasi Penghitungan Suara  di Tingkat Kabupaten yang dilangsungkan di Ruangan Sekretaris KPU Kuningan pada pukul 12.30 WIB s.d. selesai.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Komisioner KPU KUningan Divisi Teknis Dadan Hamdani, Ketua Panwaslu Kabupaten Kuningan Jubaedi, Desk Pilkada Kabupaten Kuningan, Perwakilan Polres Kuningan Kasat Intelkam Iwan Rasiwan, Kasatpol PP Kuningan, Kepala Kesbangpol Kabupaten Kuningan, Ketua dan Sekretaris Tim Kampanye Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Kuningan Nomor Urut 1, Ketua dan Sekretaris Tim Kampanye Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Kuningan Nomor Urut 2, Ketua dan Sekretaris Tim Kampanye Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Kuningan Nomor Urut 3,  Ketua dan Sekretaris Tim Kampanye Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat Nomor Urut 1, Ketua dan Sekretaris Tim Kampanye Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat Nomor Urut 2, Ketua dan Sekretaris Tim Kampanye Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat Nomor Urut 3,  Ketua dan Sekretaris Tim Kampanye Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat Nomor Urut 4.

Adapun dasar hukum kegiatan ini adalah Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 2 Tahun 2018 tentang Perubahan Atas Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 1 Tahun 2017 tentang Tahapan Program dan Jadwal Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan/atau Walikota dan Wakil Walikota, serta Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 9 Tahun 2018 tentang Rekapitulasi Penghitungan Suara dan Penetapan Hasil Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan/atau Walikota dan Wakil Walikota.

Mengawali kegiatan rapat, Dadan Hamdani menyampaikan kaitan dengan teknis dan mekanisme acara Rapat Persiapan Rekapitulasi Penghitungan Suara di Tingkat KPU Kabupaten Kuningan. Kegiatan rapat akan dilangsungkan di Ballroom Subagja Hotel Horison Kuningan pada tanggal 4 Juli 2018 pukul 08.30 WIB. Tamu undangan ketika Hari H Penyelenggaraan Rapat Pleno Rekapitulasi Penghitungan Suara diantaranya adalah Ketua dan Anggota Panwaslu Kabupaten Kuningan, Ketua Desk Pilkada Kabupaten Kuningan, Kapolres dan Wakapolres Kuningan, Dandim 0615 Kuningan, Kasatpol PP Kuningan, Kepala Kesbangpo Kabupaten Kuningan, Ketua dan Sekretaris Tim Kampanye Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Nomor Urut 1, 2 dan 3, serta Ketua dan Sekretaris Tim Kampanye Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Nomor Urut 1, 2, 3 dan 4, dan terakhir Ketua Panwascam se-Kabupaten Kuningan yang berjumlah 32 orang.

Demi terjaganya kondusifitas acara,nantinya masing-masing PPK, Tim Kampanye Paslon Nomor Urut 1, 2, 3 dan 4 untuk Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Pasangan Calon beserta Tim Kampanye Nomor Urut 1, 2 dan 3 untuk Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati, Panwascam dan Anggota Panwaslu Kabupaten, beserta undangan yang lainnya akan diberikan kartu tanda pengenal / id card, guna memudahkan identifikasi pengamanan bagi pihak satuan pengamanan yang didalamnya ada Kepolisian, Kodim 0615 Kuningan beserta Satpol PP Kuningan.

Teknis acara pada hari Rabu (04/07) nanti PPK pertama-tama akan membuka kotak suara, lalu membacakan Perolehan Suara Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat terlebih dahulu, kemudian dilanjut dengan pembacaan Perolehan Suara Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kuningan. Hal tersebut dilakukan guna mengefisiensikan waktu jalannya acara rapat pleno rekapitulasi penghitungan suara. Rapat Pleno nanti pertama sesuai dengan PKPU Nomor 2 Tahun 2018 tentang Tahapan Program dan Jadwal, bahwa KPU Kabupaten/Kota akan menetapkan dan mengumumkan hasil penghitungan suara tingkat kabupaten/kota untuk Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati atau Walikota dan Wakil Walikota, serta selanjutnya KPU Kabupaten/Kota akan menyampaikan juga pengumuman hasil penghitungan suara tingkat kabupaten/kota untuk Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur.

“Kita harapkan Rapat Pleno Rekapitulasi Penghitungan Suara Rabu 04 Juli 2018 nanti dapat berjalan Lancar, Aman, Damai, dan Membawa Kondusifitas bagi Kabupaten Kuningan. Dan sekalipun apabila ada data yang tidak sama atau perbedaan, mari kita selesaikan ketika itu juga, karena ini merupakan ajang untuk menyamakan data dan mencari kebenaran yang sama, karena kekeliruan data bisa datang dari pihak mana saja.” tutur Dadan Hamdani.***

Komentar

comments