KPU Kuningan Gelar Rakor Persiapan Debat Publik Pilbup Tahun 2018

KPU Kuningan Gelar Rakor Persiapan Debat Publik Pilbup Tahun 2018

Kuningan, Selasa 12 Juni 2018. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kuningan menggelar Rapat Koordinasi Persiapan Debat Publik Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kuningan Tahun 2018 di Hotel Grand Purnama Senin (11/06/2018) pada pukul 21.00 WIB s.d. selesai. Kegiatan tersebut dihadiri oleh Ketua KPU Kabupaten Kuningan Heni Susilawati, Komisioner KPU Kuningan Divisi SDM dan Parmas Asep Z.Fauzi, Komisioner Panwaslu Kabupaten Kuningan Abdul Jalil Hermawan, Tim Kampanye Pasangan Calon Nomor Urut 1,2 dan 3, Desk Pilkada Kabupaten Kuningan, Rekan Media Pers, Kasat Intelkam Polres Kuningan AKP Iwan Setiawan, Kabag Ops Polres Kuningan, Kodim 0615 Kuningan, Satpol PP Kabupaten Kuningan, Dishub Kabupaten Kuningan, Diskominfo Kabupaten Kuningan, beserta Unsur Forum Komunikasi Daerah lainnya.

Debat Publik Terbuka ini diatur dalam Undang-Undang 10 Tahun 2016 pasal 56 dan pasal 68, PKPU Nomor 4 Tahun 2017 tentang kampanye, dan PKPU Nomor 2 Tahun 2018 atas perubahan PKPU Nomor 1 Tahun 2017 tentang Tahapan Program dan Jadwal Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan/atau Walikota dan Wakil Walikota. kegiatan Debat Publik Terbuka ini dimaksudkan untuk lebih memperkenalkan visi, misi, dan program kerja masing-masing pasangan calon kepada masyarakat pemilih. dengan harapan bahwa kegiatan ini dapat menambah pengetahuan masyarakat  dan mengenal lebih dekat Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Kuningan, nantinya pengetahuan yang di dapatkan masyarakat pada debat publik ini diharapkan dapat menggerakan kesadarannya dalam menggunakan hak pilihnya pada Pilkada Serentak Rabu 27 Juni 2018.

Ketua KPU Kuningan Heni Susilawati dalam kegiatan tersebut menyampaikan hal-hal yang sudah di lakukan oleh KPU Kuningan terkait Hak dan Kewajiban kepada masing-masing pasangan calon bupati dan wakil bupati selama tahapan kampanye ini berlangsung, seperti pembuatan Bahan Kampanye, Alat Peraga Kampanye Paslon, dan sekarang yang sedang berlangsung yaitu Penanyangan Iklan Kampanye Paslon untuk Media Massa Cetak,Online dan Elektronik (Stasiun Radio)

Kewajiban berikutnya yakni memfasilitasi Debat Publik Terbuka Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Kuningan pada tanggal  Selasa 19 Juni 2018 GOR Ewangga Pukul 20.00 WIB, tempat dan waktu tersebut sebelumnya sudah di tetapkan melalui Rapat Pleno Terbuka, sedangkan untuk debatnya sendiri akan dilakukan sebanyak 1 kali, lalu KPU Kabupaten Kuningan juga sudah melakukan koordinasi dengan 3 panelis, yang dimana dalam peraturan KPU diatur pertama kehadiran moderator dan kedua keberadaan panelis, dimana panelis tersebut yang nantinya akan merumuskan pertanyaan yang diajukan oleh moderator kepada para pasangan calon.

“Harapan kami dengan diadakannya debat publik terbuka ini seluruh warga di kabupaten kuningan punya kesempatan yang seluas luasnya untuk semakin mengenali profil pasangan calon, semakin mengenali ketajaman visi misi program untuk membangun kuningan tahun 2018-2023“. tutur Heni Susilawati.

Selanjutnya Asep Z.Fauzi selaku Komisioner Divisi SDM dan Parmas menyampaikan Petunjuk Teknis kegiatan Debat Publik Terbuka Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kuningan Tahun 2018, Asfa menyampaikan kegiatan debat ini nantinya akan mengundang Penyelenggara Pilkada Tingkat Jawa Barat,  Tokoh Nasional Asal Kabupaten Kuningan, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FKPD) Kabupaten Kuningan, Mantan Bupati dan Wakil Bupati Kuningan, Tim Pendukung Paslon Maksimal 100 Orang, Mantan Penyelenggara Pemilu Tingkat Kabupaten Kuningan, Pimpinan BUMD, Pimpinan Perguruan di Kabupaten Kuningan, Ormas/Pemuda/Mahasiswa, Camat se-Kabupaten Kuningan, Penyelenggara di tingkat Kecamatan, Jurnalis dan lain-lain. lalu Asep Z. Fauzi menyampaiak bahwa materi debat publik yang akan sampaikan oleh masing masing pasangan calon adalah visi dan misi dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat, memajukan daerah, meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, menyelesaikan persoalan daerah, menyerasikan pelaksanaan pembangunan daerah kabupaten/kota dan provinsi dengan nasional dan memperkokoh Negara Kesatuan Republik Indonesia dan kebangsaan. selanjutnya sebagai pelaksana kegiatan ini adalah KPU Kabupaten Kuningan, namun secara teknis KPU menunjuk CV.Pesona Linggarjati sebagai Event Organizer kegiatan Debat Publik Terbuka Pilbup Kuningan Tahun 2018.

Debat Publik sendiri nantinya akan di moderatori oleh Brigata Manohara Presenter TV One dan ada 3 panelis debat yaitu diantaranya pertama DR.H Iskandar Hasan (Dir. Pasca Sarjana Universitas Kuningan), kedua DR. H. M. Sulhan, M.Ag. (Dosen Pasca Sarjana UIN Bandung), dan terakhir DR. H. Tata Taufik M.Ag. (Pimpinan Ponpes Al-Ikhlas Ciawilor). Sedangkan untuk penayangannya akan ditayangkan live di 8 stasiun radio lokal dan ditayangkan live TV Kuningan, yang nantinya acara debat ini di 376 desa akan diadakan Nonton Bareng di balai desa setempat melalui tayangan streaming yang link nya disediakan oleh TV Lokal Kuningan nantinya link tersebut di share ke publik oleh KPU Kabupaten Kuningan.

Juga Asep Z. Fauzi menyampaikan terkait Tata Tertib Debat bagi para pendukung pasangan calon bupati dan wakil bupati serta bagi tamu undangan, tujuannya adalah supaya jalannya kegiatan debat dapat berjalan secara tertib, khidmat dan sukses tanpa ekses. lalu selanjutnya demi terciptanya suasana wisata politik, masing-masing Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati akan menampilkan kreasi seninya di panggung debat nanti.

Selanjutnya ada penyampaian dari Abdul Jalil Hermawan Anggota Panwaslu Kabupaten Kuningan terkait Fokus Pengawasan Panwas pada kegiatan debat publik tersebut dan juga terakhir penyampaian dari pihak EO CV.Pesona Linggarjati terkait Teknis dan Alur Jalannya Debat Publik Terbuka Pilbup Kuningan Tahun 2018.***

Komentar

comments