KPU Kuningan Gelar Rakor Penyempurnaan DPT Pemilu Serentak 2019

KPU Kuningan Gelar Rakor Penyempurnaan DPT Pemilu Serentak 2019

Kuningan, Selasa 11 September 2018. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kuningan menggelar Rapat Koordinasi Penyempurnaan Daftar Pemilih Tetap (DTP) Pemilu Serentak 2019 di RM Lembah Ciremai pukul 10 : 15 WIB s.d. selesai.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Ketua KPU Kabupaten Kuningan Heni Susilawati, Komisioner KPU Kuningan Divisi Teknis Perencanaan dan Data Dadan Hamdani, Komisioner KPU Kuningan Divisi SDM dan Parmas Asep Z.Fauzi,PLT Sekretaris KPU Kuningan Asep Pepen Ruspendi, Kasubag Program dan Data Dudung Abdulrokhman, Operator Data Pemilih KPU Kuningan Toto Saptori, Ketua Bawaslu Kabupaten Kuningan Jubaedi, Komisioner Bawaslu Kabupaten Kuningan Abdul Jalil Hermawan, Komisioner Bawaslu Kabupaten Kuningan Ikhsan Bainullah, Staff Bawaslu Kabupaten Kuningan Eka Hamdani, Disdukcapil Kabupaten Kuningan, Polres Kuningan dan Pimpinan 16 Partai Politik Peserta Pemilu Serentak 2019.

Adapun dasar hukum kegiatan ini adalah Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum, PKPU Nomor  5 Tahun 2018 tentang Perubahan Atas PKPU Nomor 7 Tahun 2017 tentang Tahapan Program dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Umum Tahun 2019, PKPU Nomor 11 Tahun 2018 Penyusunan Daftar Pemilihan Dalam Negeri Dalam Penyelenggaraan Pemilihan Umum Tahun 2019, Dalam Konteks Penyempurnaan DPT, KPU Kuningan mengacu kepada Rekomendasi Dalam Rapat Pleno Penetapan DPT Nasional Tahun 2018, Surat Edaran KPU RI Nomor 1033 Tahun 2018 tentang Penyempurnaan DPT Pemilu Serentak 2019.

Mengawali kegiatan, Ketua KPU Kabupaten Kuningan Heni Susilawati memberi sambutan sekaligus membuka acara secara resmi pada pukul 10:30 WIB, dalam sambutannya Heni menyampaikan DPT yang sudah ditetapkan beberapa waktu yang lalu 850.165, dengan seiring berjalannya tahapan penetapan DPT di KPU Provinsi maupun di KPU RI ada Rekomendasi Saran dan Masukan baik dari Bawaslu RI,  Partai Politik maupun Unsur Pemerintahan yang sama-sama menginginkan Data DPT Pemilu Serentak 2019 sempurna dan valid, tentu ini merupakan langkah yang baik dalam rangka ikhtiar bersama guna melayani para Pemilih di Indonesia yang khususnya di Kabupaten Kuningan.

Selanjutnya Heni menyampaikan bahwa sebelumnya KPU Kabupaten Kuningan  dalam rangka memastikan Informasi DPT Pemilu Serentak 2019 tersampaikan dengan baik kepada masyarakat, KPU telah melakukan supervisi monitoring ke-32 Kecamatan di Kabupaten Kuningan, hal ini dilakukan dalam bentuk service excellent (Pelayanan Terbaik) oleh KPU agar warga dapat memperoleh informasi DPT Pemilu 2019 untuk memastikan dirinya terdaftar dan bisa menggunakan hak pilihnya dalam Pemilu Serentak Rabu 17 April 2019.

KPU sendiri mengajak kepada seluruh pihak khususnya kepada Partai Politik untuk secara bersama sama berikhtiar memastikan nama-nama terdekat yang ada dalam partai politik tersebut terdaftar dalam DPT Pemilu Serentak 2019, meskipun yang belum terdaftar tersebut masih bisa ditempatkan ke Daftar Pemilih Tambahan (DPTB) Pemilu Serentak 2019 sepanjang memiliki KTP Elektronik, sangat diharapkan pula langkah serius dari Partai Politik untuk memastikan agar warga tidak ada yang terlewat dalam DPT Pemilu Serentak 2019 khususnya di Kabupaten Kuningan ini.

Heni juga menyampaikan bahwa dalam waktu dekat setelah Penetapan Daftar Calon Tetap (DCT) Anggota DPRD Kabupaten Kuningan Pemilu Serentak 2019 pada tanggal 20 September 2018 nanti, Pemilu akan memasuki tahapan kampanye yag dimulai tanggal 23 September 2018 s.d. 13 April 2019, KPU sendiri sangat berharap Partai Politik maupun Bacalegnya selain berkonsentrasi memperkenalkan diri mereka kepada pemilih,  diharapkan juga dibarengi dengan terus menerus mengingatkan warga agar memilih pada Pemilu Rabu 17 April 2019, yang dimana didalamnya memilih langsung Presiden dan Wakil Presiden, DPD RI, DPR RI, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota.

“Kami kira ini merupakan tugas bersama yang perlu kita kawal agar tahapan Pemilu Serentak 2019 dapat berjalan sukses dan lancar seperti Pilkada Serentak 2018 sebelumnya, Mudah-mudahan Tingkat Parmas kita bisa kita pertahankan atau bahkan syukur-syukur mungkin lebih dari sebelumnya, apalagi dengan potensi 581 Caleg yang ditetapkan dalam DCS kemarin sangat mungkin akan ada peningkatan angka parmas di Pemilu 2019 nanti, tentu jika Partai Politik dalam hal ini mendorong para Caleg dalam kampanye nya juga turut memberikan Penyadaran Pendidikan Politik atau Edukasi Demokrasi tentang Pemilu Serentak 2019  kepada Pemilih”. tutur Heni Susilawati.

Setelah penyampaian dari Ketua KPU Kabupaten Kuningan, Kegiatan Rakor pun dipandu oleh Komisioner DIvisi Teknis Perencanaan dan Data Dadan Hamdani, Dadan Hamdani dalam pemaparanya ia menyampaikan bahwa diadakannya kegiatan ini untuk menindaklanjuti Surat Edaran KPU RI Nomor 1033 Tahun 2018 tentang Penyempurnaan DPT Pemilu Serentak 2019, Rekomendasi dari Bawaslu RI dan Partai Politik pada saat Pleno Rekapitulasi DPT Tingkat KPU RI adalah tentang adanya dugaan data ganda yang sekupnya Nasional bukan hanya di Kabupaten Kuningan, dari mulai PPS hingga ke tingkat KPU memiliki batas waktu untuk menindaklanjuti hal tersebut, yakni  dalam kurun waktu 10 hari.

Data ganda ini  sendiri  bisa bersumber dari masukan atau saran dari Partai Politik atau bisa juga dari masukan Bawaslu, untuk KPU Kabupaten Kuningan sendiri mendapatkan masukan dari Bawaslu Kabupaten Kuningan, sementara dari Partai Politik tidak ada masukan. Temuan yang dimaksud adalah dugaan data ganda di Kabupaten Kuningan berdasarkan hasil dari masukan Bawaslu Kabupaten Kuningan yang berjumlah 14.744 orang, data yang diterima oleh KPU  ini akan disandingkan langsung dengan data faktual yang ada di lapangan.

“Dalam hal ini saran dan masukan Parpol, Bawaslu, maupun dari KPU sendiri sudah diterima mengenai bagaimana tindak lanjut dan solusinya, Data tersebut yang ganda ini akan kita telusuri dan kita verifikasi sampai esok hari yaitu pada tanggal 12 September 2018, karena pada Kamis 13 September 2018 DPT hasil pencermatan akan dituangkan dalam agenda Rapat Pleno Penetapan Daftar Pemilih Tetap Hasil Penyempurnaan (DPTHP) Pemilu Serentak 2019”. tutur Dadan Hamdani.

Selanjutnya di akhir kegiatan ada sedikit penyampaian tentang Tahapan Kampanye oleh Komisioner KPU Kuningan Divisi SDM dan Parmas Asep Z.Fauzi, Asfa panggilan akrab Asep Z.Fauzi menyampaikan tentang regulasi-regulasi apa saja yang musti dipahami atau dipelajari oleh para Partai Politik maupun Bacalegnya, seperti Regulasi tentang Tahapan Kampanye yang tercantum dalam PKPU Nomor 23 Tahun 2018 tentang Kampanye Pemilihan Umum dan PKPU Nomor 28 Tahun 2018 tentang Perubahan Atas PKPU Nomor 23 Tahun 2018 tentang Kampanye 2018.***

Komentar

comments