KPU Kuningan Gelar Rakor Pencalonan dan Penandatanganan Perjanjian Kerjasama Pemeriksaan Kesehatan

KPU Kuningan Gelar Rakor Pencalonan dan Penandatanganan Perjanjian Kerjasama Pemeriksaan Kesehatan

Kuningan, Rabu 27 Juni 2017 Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kuningan menggelar Rapat Koordinasi Pencalonan dan Penandatanganan Perjanjian Kerjasama Terkait Pemeriksaan Kesehatan Bakal Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Kuningan Tahun 2018 yang bertempat di Hotel Grand Purnama Kuningan.

Sekretaris KPU Kabupaten Kuningan Upi Shopian selaku ketua pelaksana dalam kegiatan tersebut menyampaikan bahwa dasar hukum dalam penyenggalaraan kegiatan kali ini adalah tentang Perubahan Kedua Atas Undang-Undang No 1 Tahun 2015 tentang Penetapan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang No 1 Tahun 2014 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati, dan Walikota menjadi Undang-Undang; PKPU No 1 Tahun 2017 tentang Tahapan, Program, dan Jadwal Penyelenggaraan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan/ atau Walikota dan Wakil Walikota Tahun 2018; PKPU No 3 Tahun 2017 tentang Pencalonan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan/ atau Walikota dan Wakil Walikota Tahun 2018 jo PKPU No 15 Tahun 2017; dan Nota Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) Anggaran Hibah Pilkada Bupati dan Wakil Bupati Kuningan Tahun 2018.

Upi dalam laporannya menyampaikan bahwa maksud dan tujuan penyelenggaraan rakor kali ini adalah guna mencapai kesepahaman dan saling memberikan informasi dalam pemeriksaan kesehatan jasmani, rohani, dan bebas penyalahgunaan narkotika bagi bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Kuningan Tahun 2018.

Adapun peserta kegiatan rakor meiputi Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kuningan, Ketua Himpunan Psikologi Indonesia (HIMPSI) Kuningan, Ketua Badan Narkotika Nasional (BNN) Kuningan, Panwaslu Kabupaten Kuningan, Pimpinan Partai Politik di Kabupaten Kuningan, dan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Divisi Teknis seKabupaten Kuningan.

Selanjutnya, Kegiatan diisi dengan Penandatangan Perjanjian Kerjasama antara Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Kuningan dengan Ikatan Dokter Indonesia Cabang Kuningan, Himpunan Psikologi Indonesia Wilayah Jawa Barat, dan, Badan Narkotika Nasional Kabupaten Kuningan Nomor 339/PL.03.2-SPj/3208392/IDICAB-KNG/XII/2017/KPU-Kab/XII/2017, Nomor PK/19/XII/Ka/cm.00/2017/BNN.KNG, Nomor 392/IDICAB-KNG/XII/17, Nomor 229/12 / HIMPSI – JABAR/11/17 tentang Pemeriksaan Kesehatan Jasmani, Rohani, dan Bebas Penyalahgunaan Narkotika serta Kemampuan Secara Jasmani dan Rohani dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kuningan Tahun 2018.

 

Perjanjian kerjasama tersebut ditantangani oleh Hj. Heni Susilawati, S.Sos., M.M. Ketua Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Kuningan dalam hal ini bertindak untuk dan atas nama Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Kuningan untuk selanjutnya disebut PIHAK PERTAMA, Dr. H. Asep Hermana, SP.B, Ketua Ikatan Dokter Indonesia Kabupaten Kuningan, dalam hal ini bertindak untuk dan atas nama Ikatan Dokter Indonesia Cabang Kuningan untuk selanjutnya disebut PIHAK KEDUA, Dr. Irfan Fahmi, S.Th.I., M.Psi, Psikolog, Ketua Bidang Hubungan antar Lembaga dan Publik Himpunan Psikologi Indonesia Provinsi Jawa Barat, dalam hal ini bertindak untuk dan atas nama Himpunan Psikologi Indonesia Provinsi Jawa Barat untuk selanjutnya disebut PIHAK KETIGA, dan Edi Heryadi, S.Pd., M.Si., Kepala Badan Narkotika Nasional Kabupaten Kuningan, dalam hal ini bertindak untuk dan atas nama Badan Narkotika Nasional Kabupaten Kuningan untuk selanjutnya disebut PIHAK KEEMPAT.

Ada pun isi dari Perjanjian tersebut terdiri dari 9 Pasal yang diantaranya mengatur tentang Pelaksanaan Kerjasama sesuai dengan Pasal 3 ayat 1, 2 dan 3 yakni 1) Pelaksanaan kerjasama ini akan dilakukan secara sinergis, terpadu, terkoordinasi, dan berkesinambungan; 2) Pelaksanaan Pemeriksaan Kesehatan Jasmani, Rohani, dan Bebas Penyalahgunaan Narkotika serta Kemampuan secara Jasmani dan Rohani secara menyeluruh ini dijabarkan sebagai berikut: a) Pemeriksaan Jasmani oleh tim dokter; b) Pemeriksaan Rohani oleh tim ahli psikologi; c) Pemeriksaan Bebas Penyalahgunaan Narkoba oleh tim pemeriksa bebas penyalahgunaan narkoba; dan 3) Tim pemeriksa sebagaimana dimaksud pada ayat (2) terdiri atas Ketua yang dipilih dari anggota tim dan anggota.

Selain itu, mengacu pada Pasal 6 dalam Penjanjian tersebut, bahwa Perjanjian tersebut berlaku selama 2 (dua) bulan, terhitung mulai sejak tanggal ditandatanganinya Perjanjian Kerjasama (Rabu, 27 Desember 2017) sampai dengan selesainya tahapan pemeriksaan kesehatan menyeluruh dari Tim Pemeriksa Kesehatan bagi Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati Kuningan pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kuningan Tahun 2018.

Pasca penandatanganan Perjanjian Kerjasama, Kegiatan rakor dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh Komisioner KPU Kabupaten Kuningan Divisi Teknis Dadan Hamdani tentang Pencalonan. Menurutnya bahwa dalam tahapan pendaftaran pasangan calon, dokumen syarat pencalonan wajib ada dan sah meliputi dokumen Model B KWK-PARPOL, Model B.2 KWK-PARPOL, Model B.3 KWK-PARPOL, dan Model B.4 KWK-PARPOL. untuk dokumen syarat calon wajib ada terdiri dari 19 dokumen diantaranya adalah Model BB.1 KWK; Model BB.2 KWK; surat keterangan tidak pernah sebagai terpidana berdasarkan putusan pengadilan yang telah berkekuatan hukum tetap dari pengadilan negeri yang wilayah hukumnya meliputi tempat tinggal calon; dan lain-lain. Untuk dokumen syarat calon (bersama) yakni dokumen naskah visi, misi, dan program Pasangan Calon mengacu pada Rencana Pembangunan Jangka Panjang (RPJP) Daerah yang ditandatangani Pasangan Calon dan Daftar nama tim kampanye.

Di akhir kegiatan, Ketua KPU Kabupaten Kuningan Heni Susilawati memberikan penguatan mengenai proses penyelenggaraan Pilkada Kuningan Tahun 2018. Kepada seluruh peserta yang hadir di dalam forum, Heni mengajak untuk sama-sama berikhtiar sukseskan Pilkada Kuningan dengan tidak melibatkan money politics, isu sara, berita palsu di dalamnya. Selain itu kepada partai politik, Heni mengingatkan kepada Pimpinan Parpol atau yang mewakili agar siap-siap untuk menyiapkan dokumen-dokumen yang diperlukan dalam mengusung calonnya.***

Komentar

comments