KPU Kuningan Gelar Rakor Pemutakhiran Data Pemilih Pemilu 2019

KPU Kuningan Gelar Rakor Pemutakhiran Data Pemilih Pemilu 2019

Kuningan, Senin 16 Juli 2018. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kuningan menggelar Rapat Koordinasi Pemutakhiran Data Pemilih Untuk Pemilu Tahun 2019 dengan Anggota PPK Divisi Teknis se-Kabupaten Kuningan di Hotel Horison Kuningan Minggu (15/07/06) Pukul 11.00 WIB s.d. selesai.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Ketua KPU Kabupaten Kuningan Heni Susilawati, Komisioner KPU Kuningan Divisi Teknis Perencanaan dan Data Dadan Hamdani, Komisioner KPU Kuningan Divisi SDM dan Parmas Dadan Hamdani, Kasubag Program dan Data Dudung Abdul Rokhman, beserta Tim Program dan Data KPU Kuningan.

Adapun dasar hukum kegiatan ini adalah Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 5 Tahun 2018 Tentang Perubahan Atas Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 7 Tahun 2017 Tentang Tahapan Program dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Umum Tahun 2019, serta Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 11 Tahun 2018 tentang Penyusunan Daftar Pemilih Di Dalam Negeri Dalam Penyelenggaraan Pemilihan Umum Tahun 2018.

Mengawali kegiatan, Komisioner KPU Kuningan Divisi SDM dan Parmas Asep Z. Fauzi membuka acara dan memberi sambutan, Asfa panggilan akrab Asep Z. Fauzi menyampaikan menghadapi tahapan pemilu 2019 yang cukup padat volumenya, juga dengan Anggota PPK yang berjumlah 3 orang di Pemilu 2019 ini diharapkan setiap PPK dapat saling menguatkan sinergi dan koordinasinya antar divisi. juga terkait pemutakhiran data pemilih untuk pemilu 2019 asfa menyampaikan bahwa pemilih yang berkualitas dan meningkatnya angka partisipasi masyarakat pada pemilu di tahun 2019 juga bergantung pada data pemilih berkualitas yang dihasilkan oleh para Operator Data Pemilih (ODP) nantinya.

“Kepada para PPK di Pemilu 2019 mari tingkatkan sinergitas dan tetap jaga intergritas di tahapan yang sangat padat ini penting sekali menjalin koordinasi yang baik antar lini guna terciptanya pemilu 2019 yang berkualitas, tentu didapatkannya pemilih yang berkualitas dan tingkatan parmas yang baik bergantung pada data pemilih yang berkualitas pula”. tutur Asep Z. Fauzi.

selanjutnya setelah penyampaian dari Asep Z.Fauzi, Komisioner KPU Kuningan Divisi Perencanaan dan Data Dadan Hamdani menyampaikan hal terkait persiapan untuk proses Daftar Pemilih Sementara Hasil Perbaikan (DPSHP) untuk Pemilu 2019, sumber data nya dari Daftar Pemilih Sementara (DPS)  yang sebelumnya sudah di plenokan, Data tersebut di mutakhirkan lagi, ketika pemilih tidak memenuhi syarat itu dicoret, ketika pemilih belum terdaftar ditambahkan, ketika ada pemilih yang TPS nya pindah juga dipindahkan karena misal Suami-Istri TPS nya beda itu dipindahkan, dan dalam Pemilu 2019 ini jumlah pemilih dalam setiap TPS maksimal 300 orang maka dimungkinkan apabila ada TPS yang jumlah pemilih nya melebihi 300 orang itu TPS nya ditambahkan di desa tersebut, Adapun proses nya menggunakan aplikasi Sidalih (Sistem Informasi Data Pemilih), yang tata caranya dijelaskan oleh Toto Saptori Tim Program dan Data KPU Kuningan.

“Kita berharap PPK dan PPS memaksimalkan waktu yang ada untuk mendapatkan data yang berkualitas, data yang faktual sesuai dengan apa yang ada di lapangan, hal ini bisa didapatkan apabila penyelenggara baik PPK maupun PPS dapat bekerja secara maksimal,  juga kepada masyarakat/partai politik apabila ada pendapat apabila ada warga yang belum terdaftar silahkan segera untuk mendaftar”. tutur Dadan Hamdani.

Adapun tahapan Rekap DPSHP di PPS akan berlangsung tanggal 18 Juli 2018, Rekap DPSHP di PPK tanggal 20 Juli 2018, dan Rapat Pleno Penetapan Daftar Pemilih Sementara Hasil Perbaikan  (DPSHP) Pemilu 2019 di KPU Kabupaten/Kota pada tanggal 22 Juli 2018 hal ini sesuai dengan amanah Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 5 Tahun 2018 tentang Tahapan Program dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Umum Tahun 2019.***

Komentar

comments