KPU Kuningan Gelar Rakor Evaluasi Pilkada 2018 Dengan PPS se-Kabupaten Kuningan

KPU Kuningan Gelar Rakor Evaluasi Pilkada 2018 Dengan PPS se-Kabupaten Kuningan

Kuningan, Jum’at 10 Agustus 2018. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kuningan menggelar Rapat Evaluasi Pelaksanaan Pilkada Serentak Tahun 2018 Antara KPU Kuningan dengan PPS se-Kabupaten Kuningan di Resort Prima Hotel Sangkanhurip Kuningan yang berlangsung selama 3 Hari, terhitung tanggal 09,11 dan 12 Agustus 2018.

Pada hari Kamis (09/08) ini merupakan hari pertama digelarnya Rapat Evaluasi Pilkada Serentak 2018 antara KPU dengan PPS se-Kabupaten Kuningan. Pada kegiatan hari pertama ini turut hadir Ketua KPU Kabupaten Kuningan Heni Susilawati, Komisioner KPU Kuningan Divisi Teknis Perencanaan dan Data Dadan Hamdani, Komisioner KPU Kuningan Divisi SDM dan Parmas Asep Z.Fauzi, Komisioner KPU Kuningan Divisi Hukum Jajang Arifin, Komisioner KPU Kuningan Divisi Umum Keuangan dan Logistik Agus Ismail Yaqub, beserta PPS dari 10 Kecamatan di Kabupaten Kuningan yang diantaranya PPS Kecamatan Kuningan, Kecamatan Sindangagung, Kecamatan Garawangi, Kecamatan Ciniru, Kecamatan Hantara, Kecamatan Cigugur, Kecamatan Mandirancan, Kecamatan Cilimus, Kecamatan Jalaksana dan Kecamatan Kramatmulya.

Acara dimulai Pukul 10 : 00 WIB yang dibuka langsung secara resmi oleh Heni Susilawati Ketua KPU Kabupaten Kuningan. Pada kesempatan tersebut Heni dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada PPS yang dinilai sudah bekerja dengan baik mengawal tahapan-tahapan Pilkada 2018 kemarin, sehingga Pilkada di Kabupaten Kuningan dapat berjalan Lancar Damai dan Sukses Tanpa Ekses, juga diharapkan segala ikhtiar yang dilakukan dengan baik di Pilkada 2018 dapat terulang di Pemilu 2019.

Heni juga menyampaikan bahwa di Pemilu 2019 ini para penyelenggara akan menghadapi tantangan yang cukup besar yakni menghadapi 5 Pemilihan dengan 5 Surat Suara, TPS yang bertambah dari sebelumnya hanya 2005 sekarang menjadi 3566 TPS dengan jumlah Total KPPS 24,962 orang dan Petugas Ketertiban 7,132 orang, total ada 32,094 orang yang akan di rekrut pada tahapan Pemungutan dan Penghitungan Suara Pemilu 2019. Maka dari itu perlu energi yang cukup, sinergi dan koordinasi yang baik antar penyelenggara, Professionalitas dan Integritas yang harus di kukuhkan lagi dalam ikhtiar mensukseskan Pemilu 2019.

Tentu dengan capaian yang sudah cukup baik di Pilkada 2018 musti terus diperjuangkan dan terus ditanamkan semangat perbaikan berkelanjutan atau dalam bahasa jepang disebut “Kaizen” agar sukses yang di dapat sebelumnya minimal bisa terulang di Pemilu yang akan datang.

“Ucapan terima kasih kami ucapkan kepada seluruh PPS se-Kabupaten Kuningan yang telah berikhtiar mengupayakan seluruh tenaga nya untuk mensukseskan Pilkada Serentak 2018 di Kabupaten Kuningan, yang Alhamdulillah hasilnya Pilkada berjalan Lancar Aman dan Damai, Meningkat angka Parmas nya 71,4 %, serta termasuk dalam Pilkada yang terbaik di jawa barat yang nol sengketa hukum, semoga sukses ini minimal dapat terulang kembali di Pemilu 2019 mendatang”. tutur Heni Susilawati.

Dibalik capaian Pilkada yang gemilang, tentu masih ada beberapa hal yang harus diperbaiki, maka dalam kegiatan ini bersama PPS dari 10 Kecamatan, KPU Kabupaten Kuningan beserta para Komisioner nya membahas dari mulai Evaluasi Pemutakhiran Data Pemilih dan Pemungutan dan Penghitungan Suara yang dijabarkan oleh Divisi Teknis Perencanaan dan Data Dadan Hamdani, kemudia penjabaran tentang Evaluasi Sosdiklih (Sosialisasi Pendidikan Pemilih) dan Sumber Daya Manusia oleh Divisi SDM dan Parmas Asep Z.Fauzi, lalu Evaluasi mengenai Kajian Hukum Regulasi-Regulasi Kode Etik Penyelenggara ketika Pilkada 2018 yang dijabarkan oleh Divisi Hukum Jajang Arifin, Evaluasi Kaitan Pengadaan dan Pendistribusian Logistik Pilkada 2018 oleh Divisi Umun Keuangan dan Logistik Agus Ismail Yaqub.

Pada kegiatan tersebut juga disampaikan kepada PPS bahwa PPS dapat menyampaikan Daftar Inventarisasi Masalah (DIM) kepada KPU tentang Pilkada 2018, yang nantinya DIM tersebut akan dibuatkan form nya oleh KPU untuk seluruh PPS di Kabupaten Kuningan, DIM tersebut adalah sebagai bentuk evaluasi yang nantinya disampaikan juga ke KPU Provinsi Jawa Barat untuk di tindak lanjuti.

Semua ini dilakukan dalam rangka silaturahmi antar tingkatan penyelenggara, serta memperbaiki dan mengevaluasi apa yang terjadi dalam Pilkada 2018 dan apa saja kendalanya, yang nantinya pada Pemilu 2019 hal-hal tersebut di antisipasi dan diperbaiki agar jalannya Pemilu 2019 dapat berjalan sesuai tahapan dan berlangsung lancar dan sukses tanpa ekses.

Komentar

comments