KPU Kuningan Gelar Pengundian Nomor Urut Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Kuningan Tahun 2018

KPU Kuningan Gelar Pengundian Nomor Urut Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Kuningan Tahun 2018

Kuningan, Selasa 13 Februari 2018. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kuningan menggelar kegiatan Pengundian Nomor Urut dan Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Tahun 2018 di Ballroom Hotel Horison Kuningan pada pukul 09.00 WIB s.d. selesai. Pada kegiatan tersebut turut hadir Ketua,Komisioner, dan Staff KPU Kabupaten Kuningan, Ketua PPK se-Kabupaten Kuningan, Ketua dan Anggota Panwaslu Kabupaten Kuningan, Kapolres Kuningan, Dandim 0615 Kuningan, Kepala Kejaksaan Negeri Kuningan, Ketua Pengadilan Negeri Kuningan, Ketua DPRD Kuningan, Pasangan Calon H. Acep Purnama, S.H., M.Si. dan M. Ridha Suganda S.H.,M.Si., Pasangan Calon H.Dudi Pamuji S.E., M.Si. dan H. Udin Kusnedi S.E, M.Si., serta Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Dr. H. Toto Taufikurahman dan Yosa Octora Santono, S.Si., MM., Ketua MUI Kuningan, Ketua Kesbangpol Kuningan, Kabag Tapem, Ketua KNPI, Ketua PWI Kuningan, Kepala Sat Pol PP Kuningan, Kepala Dishub Kuningan, Kepala Disdukcapil Kuningan, Ketua FKUB Kuningan, Rektor Perguruan Tinggi se-Kabupaten Kuningan, Ketua Karang Taruna dan seluruh Tim Kampanye masing-masing Pasangan Calon.

Awal Kegiatan diisi oleh Pembacaan Ayat Suci Al-Qur’an oleh Qori  Udin Khaerudin, M.Pd., selanjutnya Ketua KPU Kuningan Heni Susilawati memberikan sambutannya, dalam sambutannya heni menyampaikan beberapa hal yang berkaitan dengan Pilkada Serentak Tahun 2018, khusus untuk kegiatan hari ini tahapan  pencalonan diatur dalam PKPU Nomor 15 Tahun 2017 Perubahan dari PKPU Nomor 3 Tahun 2017, untuk tahapan Pengundian Nomor Urut di atur dalam Pasal 70,71 dan 72. Berkaitan dengan tahapan ini tidak lepas dari pengawasan dari Mitra KPU Kuningan yakni Panwaslu Kabupaten Kuningan yang diatur dalam Perbawaslu Nomor 11 Tahun 2017 tentang Pengawasan Pemilihan, Pengawasan Pencalonan, Pemilihan Gubenur dan Wakil Gubernur, Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati, Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota. Lalu PKPU Nomor 2 Tahun 2018, Perubahan PKPU Nomor 1 Tahun 2017 diatur tentang Tahapan Program dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, Walikota dan Wakil Walikota bahwa tahapan pengundian nomor urut dan nomor pasangan calon dilakukan hari ini (13/2/2018) serentak 171 Daerah di Indonesia yang melaksanakan pilkada serentak ini.

“Kami mendoakan agar para putra terbaik kabupaten kuningan (Paslon) selalu diberikan kesehatan,keberkahan, dan kelancaran dalam seluruh tahapan pilkada, agar pilkada memberikan rasa gembira,rasa optimis sebagai seluruh warga  Kabupaten Kuningan menyongsong terpilihnya Pemimpin Tahun 2018-2023” tutur Heni.

Berikutnya kewajiban KPU sebagaimana tercantum di Pasal 72 dalam PKPU Nomor 15 Tahun 2017 untuk diumumkan secara luas kepada masyarakat agar mengetahui pasangan calon beserta nama lengkap dan nomor urutnya. Heni juga menyampaikan bahwa 2 hari kedepan terhitung mulai dari 15 Februari – 23 Juni 2018 seluruh Pasangan Calon akan memasuki Masa Kampanye.

“Kampanye yang merupakan wahana edukasi politik diharapkan bisa meningkatkan partisipasi pemilih kabupaten kuningan , baik untuk memilih Bupati dan Wakil Bupati Kuningan, maupun memilih Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat”. tutur Heni.

Setiap pasangan calon diberikan hak nya yang diatur dalam PKPU nomor 4 tahun 2017 tentang Kampanye. Kampanye di fasilitasi dari APBD, empat diantaranya di biayai oleh APBD, pertama Debat Publik,  Debat Publik yang akan dilakukan hanya 1 putaran, dalam kesempatan tersebut Putra-putra terbaik kuningan mengenalkan visi dan misinya kepada pemilih. Selanjutnya tentang Bahan Kampanye, Alat Peraga Kampanye, dan Iklan di Media Massa Cetak Maupun Online selama 14 Hari, setiap pasangan calon akan diberikan perlakuan yang sama, sebagiamana diatur dalam perundang-undangan pilkada dan peraturan kampanye, lalu KPU mendorong kepada Tim Kampanye Pasangan Calon untuk segera mendaftarkan akun medsos nya kepada KPU Kuningan baik mulai dari Facebook, Instagram dan sebagainya, akun tersebut wajib ditutup tertanggal 24 Juni 2018.

“Saya mengajak semua pihak untuk mematuhi semua anjuran anjuran dalam kampanye dan mejauhi larangan-larangan dalam kampanye, kami sangat berharap Pilkada 2018 ini bisa naik kelas, bermartabat, berintegritas berkualitas, yang didukung oleh semua pihak di Kabupaten Kuningan”tutur Heni

Setelah memberi sambutan acara resmi dibuka pada pukul 09.30 WIB oleh Ketua KPU Kuningan Heni Susilawati. Disela-sela acara di isi oleh Hiburan yakni Penampilan Seni Tari Khas Adat Sunda dari Putra-Putri Kuningan, lalu dilanjut dengan penampilan dari Kelompok Alat Musik tradisional Khas Sunda Kuda Awi Kuningan.

Acara berlanjut dengan santapan rohani dari Ketua Panwascam Sindang Agung K.H. Adang Kusnandar, S.Ag. , berikutnya acara dipandu oleh Komisioner KPU Kuningan Divisi Teknis dan Perencanaan Data Dadan Hamdani dalam rangka Pengundian Nomor Urut Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati 2018.secara teknis, yang pertama mengambil nomor undian adalah para Calon Wakil Bupati dari masing-masing pasanagan calon, setelah pengambilan nomor urut undian, baru dilanjutkan ke acara resmi yakni pengambilan nomor urut sebenarnya yang dilakukan oleh Calon Bupati dari masing-masing paslon.

Setelah rangkaian kegiatan pengundian, didapatkan Hasil Pengundian Nomor Urut Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Kuningan yang diantaranya Nomor Urut (1) adalah Pasangan Calon Dr. H. Toto Taufikurahman dan Yosa Octora Santono S.Si., MM., (Koalisi Demokrat, PKS, PKB dan PPP), Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Nomor Urut (2) adalah H.Dudi Pamuji S.E., M.Si. dan H. Udin Kusnedi S.E, M.Si., (Koalisi Golkar, PAN, dan Gerindra) serta terakhir Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Nomor Urut (3) adalah H. Acep Purnama, S.H., M.Si. dan M. Ridha Suganda S.H.,M.Si. (Koalisi PDIP dan NASDEM).

Selanjutnya masing-masing pasangan calon diberikan kesempatan untuk memberikan sambutan, dan dalam sambutannya para pasangan calon menerima dengan baik nomor urut yang dimilikinya, serta dalam sambutan masing-masing pasangan calon sama-sama mempunyai tekad yang kuat untuk menciptakan suasana pilkada yang Aman, Tertib, Damai tanpa Ujaran Kebencian dan Sara, serta menjadikan Pilkada Serentak ini sebagai momen Wisata Politik dan sebagai wahana edukasi politik bagi masyarakat.

Lalu ada sambutan dari Ketua Panwaslu Kabupaten Kuningan Jubaedi, SH., dalam sambutannya Jubaedi menyampaikan menghadapi masa kampanye  yang dimulai pada tanggal 15 februari, tim kampanye harus melampirkan Surat Izin sebelum melakukan Kegiatan Kampanye, sebagaimana diatur oleh Peraturan Pemerintah Nomor 60 Tahun 2017 Pasal 18 bahwa izin kegiatan politik diurus 7 hari kerja sebelum kegiatan dilaksanakan. Anjuran ini bertujuan agar menghindari terjadinya benturan pada saat nanti pelaksanaan kegiatan kampanye baik itu tatap muka, maupun pertemuan terbatas.

“saya pribadi dan atas nama lembaga mengajak kepada semua pihak untuk sama-sama bertekad menciptakan pilkada sukses yang demokratis” tutur Jubaedi.

Terakhir penyerahan Berita Acara Penetapan Nomor Urut Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Kuningan Tahun 2018 oleh Ketua KPU Kuningan ke setiap  pasangan calon sesuai dengan nomor urut yang di dapatkan sebelumnya pada tahapan pengundian nomor urut, lalu penyerahan berita acara kepada Panwaslu Kabupaten Kuningan.  Selanjutnya Kegiatan pun ditutup secara resmi oleh Ketua KPU Kuningan.***

Komentar

comments