KPU Kuningan Gelar Pendidikan Pemilih di UNISA

KPU Kuningan Gelar Pendidikan Pemilih di UNISA

Kuningan, 13 November 2019. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kuningan telah melakukan kunjungan ke Universitas Islam Al-Ihya (UNISA) Kuningan. Kegiatan tersebut merupakan rangkaian dari program RPP Goes To School/ Campus yang dilakukan oleh KPU Kabupaten Kuningan. Bertempat di aula UNISA Kuningan, hadir sebagai narasumber di forum tersebut Ketua KPU Kabupaten Kuningan Asep Z. Fauzi dan Komisioner Divisi SDM dan Parmas Dudung Abdu Salam. Hadir pula Warek II UNISA Kuningan Eman Sulaeman dan jajaran dosen UNISA Kuningan.

“Indonesia adalah negara yang menganut sistem politik yang bergandengan tangan. Untuk mewujudkan negara demokrasi yang berkebalikan melalui pesta demokrasi yang sesuai dengan harapan. Proses demokrasi yang sehat mensyaratkan partisipasi politik yang otonom dari negara anggota. Partisipasi politik yang otonom ini hanya dapat dilakukan jika diinginkan negara.” tutur Asep Z. Fauzi.

Lebih lanjut dirinya menjelaskan bahwa kunjungan KPU Kuningan ke UNISA bertujuan untuk berbagi pengetahuan mengenai pemilihan, demokrasi, dan politik. Pendidikan pendidikan politik merupakan rangkaian usaha untuk meningkatkan dan memantapkan kesadaran politik dan kenegaraan, guna menunjang kelestarian Pancasila dan UUD 1945 sebagai budaya politik bangsa. Pendidikan politik juga merupakan konsep bagian dari proses perubahan kehidupan politik yang sedang dilakukan dewasa ini dalam rangka usaha menciptakan suatu sistem politik yang benar-benar demokratis, stabil, efektif dan efisien.” tutur Asep Z. Fauzi.

Kemudian Dudung menyampaikan bahwa tugas KPU tidak hanya menyelesaikan tahapan pemilu.tp banyak pekerjaan pasca tahapan antara lain pendidikan politik; menyusun rencana strategis untuk pemilu berikutnya; penguatan RPP; dan peningkatan partisipasi untuk masyarakat. “Penyelesaian tahapan pemilu hanya bagian dari tugas KPU. Tugas yang paling urgen lainnya adalah pendidikan politik yang tidak akan di batasi oleh tahapan” tutur Dudung.***

Komentar

comments