KPU Kuningan Gelar Evaluasi Sosdiklih Parmas Pemilu 2019

KPU Kuningan Gelar Evaluasi Sosdiklih Parmas Pemilu 2019

Kuningan, 4 September 2019. Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Kuningan telah menggelar rapat evaluasi sosialisasi pendidikan pemilih dan partisipasi masyarakat dalam Pemilihan Umum Tahun 2019. Kegiatan yang berlangsung di RM. Lembah Ciremai Kuningan tersebut dihadiri oleh Komisioner KPU Kuningan Maman Sulaeman, Dudung Abdu Salam, Asep Budi Hartono, dan Lestari Widyastuti. Selain itu turut pula hadir Plt. Sekretaris KPU Kuningan Asep Pepen Ruspendi, Kasubbag Teknis dan Hupmas Jajang Jamaludin, dan Kasubbag Hukum Dedi Fristiadi.

Kegiatan yang dimulai sejak pukul 09.30 WIB tersebut dihadiri pula oleh Komisioner Bawaslu Kuningan Ikhsan Bayanulloh, Pimpinan Partai Politik tingkat Kuningan. Polres Kuningan, Dandim 0615 Kuningan, Rektor Perguruan Tinggi di wilayah Kabupaten Kuningan, Direktur LPPL Kuningan, OKP, LSM/ yang mewakili.

Dalam sambutannya membuka acara, Maman Sulameman menyampaikan bahwa tingkat parmas pada Pemilihan Umum Tahun 2019 di Kabupaten Kuningan mencapai angkat 74,11 % untuk Pileg dan 74,19% untuk Pilpres. Hal tersebut menurutnya tidak lepas dari peran serta pelbagai pihak yang telah turut serta membantu menyosialisasikan Pemilu Tahun 2019 di Kabupaten Kuningan.

Masuk sesi pemaparan, Dudung Abdu Salam menyampaikan bahwa dalam giat sosialisasi dan pendidikan pemilih pada Pemilihan Umum Tahun 2019 dilandaskan pada Undang-Undang No 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum dan PKPU Nomo 10 Tahun 2018 tentang Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, dan Partisipasi Masyarakat dalam penyelenggaraan Pemilihan Umum.

“Guna mencapai angka parmas yang tinggi, KPU Kabupaten Kuningan dalam tahapan Pemilu 2019 telah melaksanakan agenda sosialisasi kepada pemilih. Ada pun program sosialisasi yang telah dilaksanakan oleh KPU Kuningan diantaranya adalah pemasangan alat peraga sosialisasi; pembuatan dan penayangan iklan di radio, konser musik, jalan sehat KPU RUN, KPU Goes To School/ Campus, talkshow di radio, pembentukan Relawan Dmeokrasi, Monitoring dan Evaluasi ke PPK dan PPS; serta lomba selfie di TPS.” tutur Dudung.

Di akhir wawancara, Dudung menyampaikan apresiasi kepada seluruh pihak yang telah terlibat menyukseskan giat sosialisasi dan pendidikan pemilih dalam Pemilu 2019 di Kabupaten Kuningan. Pelbagai macam giat sosialisasi dirasa cukup berhasil dalam mencapai angka parmas Pemilu 2019 di Kuningan. Namun tentu semoga ke depan akan lebih meningkat lagi baik secara kuantitas maupun kualitas.***

Komentar

comments