KPU Kuningan Gelar Deklarasi Damai Pemilu Serentak 2019

KPU Kuningan Gelar Deklarasi Damai Pemilu Serentak 2019

Kuningan, Jum’at 21 September 2018. Dalam rangka menciptakan suasana kondusif sebelum tahapan kampanye Pemilu Serentak 2019 berlangsung, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kuningan bersama Unsur Forum Komunikasi Tingkat Daerah (FKPD) Kabupaten Kuningan dan 16 Perwakilan Partai Politik Peserta Pemilu Serentak 2019 menggelar Deklarasi Damai Pemilu Serentak Tahun 2019 di RM.Lembah Ciremai Kuningan Kamis (20/09/2018) pukul 13:30 WIB s.d. selesai.

Dalam kegiatan tersebut hadir Ketua KPU Kabupaten Kuningan Heni Susilawati, Komisioner KPU Kuningan Divisi SDM dan Parmas Asep Z. Fauzi, Komisioner KPU Kuningan Divisi Umum, Keuangan dan Logistik Agus Ismail Yaqub, Komisioner KPU Kuningan Divisi Hukum Jajang Arifin, Staff Sekretariat KPU Kuningan, Komisioner Bawaslu Kabupaten Kuningan Abdul Jalil Hermawan, Komisioner Bawaslu Kabupaten Kuningan Ikhsan Bainullah, Komisioner Bawaslu Kabupaten Kuningan Agus Khobir, Kapolres Kuningan Iman Setiawan, SIK., Dandim 0615 Kuningan Letkol Inf. Daru Setiawan, S.Sos.,MM., PJ Sekda Kabupaten Kuningan Drs. H. Dadi Supriadi, MSi.,  Kepala Kesbangpol Kabupaten Kuningan Drs. H. Dadi Hariadi, M.Si., Kepala Satpol PP Kabupaten Kuningan Indra Purwantoro, S.Ap., Dinas Perhubungan Kabupaten Kuningan beserta Perwakilan 16 Partai Politik Peserta Pemilu Serentak 2019.

Adapun dasar hukum kegiatan ini adalah Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum, PKPU Nomor 5 Tahun 2018 tentang perubahan atas PKPU Nomor 7 Tahun 2017 tentang Tahapan Program dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Umum Tahun 2019, serta PKPU Nomor 28 Tahun 2018 tentang perubahan atas PKPU Nomor 23 Tahun 2018 tentang Kampanye.

Heni Susilawati selaku Ketua KPU Kabupaten Kuningan dalam pembukaan acaranya menyampaikan Hari Kamis (20/09/2018) KPU Kabupaten/ Kota, KPU Provinsi, KPU RI menetapkan Daftar Calon Tetap (DCT) sesuai dengan tingkatannya, untuk KPU Kabupaten Kuningan sendiri akan menetapkan DCT Anggota DPRD Kabupaten Kota Pemilu Serentak Tahun 2019 yang berjumlah 579 calon, dimana total Daftar Calon Sementara (DCS) berjumlah 581 calon, ada pengurangan berjumlah 2 orang, satu orang ASN Aktif dan 1 orang lagi mengundurkan diri, 579 orang ini lah bersama sama Partai Politik untuk mengawal masa tahapan kampanye.

Untuk tanggal 21 s.d 23 September 2018 DCT Anggota DPRD Kabupaten Kuningan Pemilu Serentak 2019 akan di umumkan melalui media cetak, online dan termasuk ke dalam Web KPU Kuningan, Facebook dan Instagram KPU Kuningan, disanalah kesempatan bagi masyarakat luas yang berada dalam 5 Daerah Pemilihan (Dapil) di Kabupaten Kuningan untuk mengenali calonnya dan termasuk partai politiknya. Kemudian Heni menyampaikan bahwa tanggal 23 September 2018 merupakan awal masuknya tahapan kampanye hingga berakhir di tanggal 13 April 2019, kurang lebih 6 bulan lebih masa tahapan kampanye ini akan berlangsung, dalam kurun waktu tersebut sangat dibutuhkan semangat bersama untuk membangun Pemilu Serentak 2019 yang Damai, Lancar, Kondusif dan Sukses Tanpa Ekses,. Hal tersebut tentu dapat diwujudkan dengan terus menjalin Koordinasi, Komunikasi dan Sinergitas dengan unsur pengawasan Bawaslu, TNI-Polri maupun dengan Unsur Pemerintahan.

Adapun titik tekan yang disampaikan oleh Ketua KPU Kuningan adalah bahwa di tanggal H-1 sebelum digelarnya tahapan kampanye yakni tanggal 22 September 2018 Partai Politik diwajibkan menyerahkan minimal 10 Akun Media Sosial nya, yang dilampirkan secara 4 rangkap, 4 rangkap tersebut diantaranya untuk KPU, Bawaslu, Partai Politik untuk arsip dan untuk Polres, hal tersebut musti dilaporkan  dalam rangka memastikan partai politik dalam kampanye nya benar-benar menyampaikan Pencerahan Pendidikan Politik kepada  Masyarakat. Kemudian setiap Rapat Umum, Terbatas dan Tatap Muka Partai Politik diwajibkan untuk menjalin koordinasi dengan Polres membuat laporan secara tertulis agar tidak terjadi miss komunikasi, lalu di tanggal yang sama pula 22 September 2018 Partai Politik wajib harus mendaftarkan Pelaksana Kampanye di tingkat Kabupaten, untuk pelaksana kampanye akan disampaikan arsipnya kepada Bawaslu dan Polres, sebagai bagian upaya preventif pencegahan dari sisi keamanan dan sisi pengawasan yang dilakukan oleh Bawaslu khususnya di Kabupaten Kuningan.

Heni selanjutnya menyampaikan himbauan kepada Pemda khususnya untuk memberitahukan hasil rapat koordinasi dengan KPU sebelumnya terkait lokasi kampanye yang dituangkan ke dalam Surat Keputusan Bupati untuk di sosialisasikan kepada Lurah ataupun Kepala Desa dan memberikan pemberitahuan dini kepada perangkat terkait yang lokasinya digunakan sebagai tempat kampanye Rapat Umum agar tidak terjadinya miss komunikasi dan tahapan kampanye dapat berlangsung lancar dan kondusif, adapun 3 hak yang akan diterima oleh Partai Politik sesuai dengan peraturan, pertama pembuatan Alat Peraga Kampanye untuk Partai Politik, Gabungan Partai Politik atau Pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden yang kewajibannnya difasilitasi oleh KPU Kabupaten Kota, KPU Provinsi dan KPU RI sesuai anggaran yang tersedia, Kedua Iklan di Media Massa Cetak, Elektronik dan Media Dalam Jaringan yang difasilitasi oleh negara untuk Partai Politik, dan terakhir untuk Presiden dan Wakil Presiden yakni Debat Terbuka yang dilaksanakan oleh KPU Republik Indonesia.

“Kami mengajak kepada Partai Politik untuk menggunakan tahapan kampanye sebagai pendidikan politik yang memberikan pencerahan, bukan pendidikan politik yang akan memecah belah persatuan kita semua, tetapi pendidikan politik yang benar benar bias mencerahkan dan bias mendorong warga untuk menggunakan hak pilih pada Pemilu Serentak 2019 nanti” tutur Heni Susilawati

Selanjutnya setelah penyampaian dari Ketua KPU Kuningan ada penyampaian dari Dandim 0615 Kuningan Letkol Inf. Daru Setiawan, S.Sos., MM., Kapolres Kuningan Iman Setiawan, SIK., PJ Sekda Kabupaten Kuningan Drs. H. Dadi Supriadi, MSi., yang mewakili Bupati Kuningan, masing-masing dari mereka siap mendukung dan membantu penyelenggaraan tahapan Pemilu Serentak 2019 di Kabupaten Kuningan ini agar berjalan Lancar, Kondusif dan Sukses Tanpa Ekses, juga turut menghimbau kepada para caleg yang menyalonkan dirinya untuk bisa menjalani tahapan kampanye nya dengan cara yang baik dan memberikan pencerahan pendidikan politik kepada masyarakat, lalu masing-masing dari mereka menyatakan bahwa akan tetap menjaga netralitas dan integritasnya dalam Pemilu 2019 ini.

Setelah penyampaian tersebut, dilakukan prosesi penandatangan Deklarasi Damai Pemilu Serentak Rabu 17 April 2019 oleh Ketua KPU Kuningan, Komisioner Bawaslu Kabupaten Kuningan, Kapolres Kuningan, Dandim 0615 Kuningan, Bupati Kuningan yang diwakili oleh PJ Sekda Kuningan, Ketua DPRD Kabupaten Kuningan dan ke 16 Partai Politik Peserta Pemilu 2019.

Diakhir acara deklarasi setelah penandatanganan ada sosialisasi PKPU Nomor 28 Tahun 2018 tentang perubahan atas PKPU Nomor 23 Tahun 2018 tentang  Kampanye oleh Komisioner KPU Kuningan Divisi SDM dan Parmas Asep Z. Fauzi serta penyampaian dari Komisioner Bawaslu Kabupaten Kuningan Abdul Jalil hermawan tentang Pengawasan dan Larangan dalam Kampanye.***

Komentar

comments