KPU Kuningan Gelar Deklarasi Damai Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kuningan Tahun 2018

KPU Kuningan Gelar Deklarasi Damai Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kuningan Tahun 2018


Kuningan, Minggu 18 Februari 2018. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kuningan menggelar kegiatan Deklarasi Damai Pemilhan Bupati  dan Wakil Bupati Kuningan Tahun 2018 yang diselenggarakan di Area Depan Halaman Pendopo Kabupaten Kuningan pada pukul 08.00 WIB s.d. selesai. Kegiatan tersebut dihadiri oleh Ketua, Komisioner, dan Staff KPU Kabupaten Kuningan, Komisioner KPU Provinsi Jabar  Endun Abdul Haq,  Ketua dan Anggota Panwaslu Kabupaten Kuningan, Kapolres Kuningan, Dandim 0615 Kuningan, Plt. Bupati Kuningan, Ketua DPRD Kuningan, Dishub Kuningan, Dinas Kesehatan Kuningan, Satpol PP , Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Kuningan Tahun 2018 Nomor Urut 1,2 dan 3 beserta Partai Politik Pengusulnya.

Awal kegiatan diisi oleh penampilan seni khas daerah sunda dari MA Subulul Huda Darma Kuningan Jawa barat, penampilan seni khas daerah sunda ini berupa tarian dan perkusi. Setelah pertunjukan seni daerah selesai acara dilanjut dengan kata kata sambutan dari Ketua KPU Kabupaten Kuningan Heni Susilawati ,Ketua Panwaslu Kabupaten Kuningan Jubaedi , Kapolres Kuningan AKBP Yudi Yusman, Dandim 0615 Letkol Inf Daru Cahyadi Soeprapto, dan PLT Bupati Dede Sembada.

Dalam sambutannya masing-masing pembicara baik dari Ketua KPU Kabupaten Kuningan, Ketua Panwaslu Kabupaten Kuningan, Kapolres Kuningan,Dandim 0615 Kuningan, PLT Bupati Kuningan mengatakan bahwa terkait pemilihan daerah khusunya Kabupaten Kuningan ini harus benar benar dijauhkan dari Isu Sara,Ujaran Kebencian,Black Campaign,Negative Campaign, dan Politik Uang. Pemilihan ini sendiri harus menjadi ajang Wahana Edukasi Politik bagi masyarakat untuk bisa mengenal pemimpin yang akan dipilihnya kelak mempunyai visi dan misi apa untuk pembangunan kuningan 5 tahun kedepan. Serta kegiatan deklarasi damai ini sendiri bertujuan untuk mensatukan persepsi walaupun masing-masing calon pada intinya saling berkompetisi tetapi tentu pada dasarnya tujuan nya tetap sama yaitu membangun kuningan lebih baik lagi kedepannya dan tentu saja deklarasi damai ini bertujuan untuk menciptakan pilkada serentak tahun 2018 berjalan Sukses, Semarak dan Damai.

Setelah kata sambutan selesai dilanjut dengan Penandatanganan Deklarasi  Damai dalam Frame Bingkai Kecil dan Frame Bingkai Besar  oleh Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Kuningan Nomor urut 1 Dr. H. Toto Taufikurahman dan Yosa Octora, S.Si., MM., Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Nomor urut 2 H. Dudi Pamuji, S.E., M.Si., dan H. Udin Kusnedi S.E. M.Si., Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Nomor Urut 3 H.Acep Purnama, S.H., M.Si., dan  M.Ridha Suganda S.E., M.Si. dan Ketua KPU Kabupaten Kuningan, Ketua Panwaslu Kabupaten Kuningan, Dandim 0615 Kuningan Kapolres Kuningan, Ketua DPRD Kuningan, dan PLT Bupati Kuningan  (masing-masing 3 buah).

Selanjutnya Pembacaan Naskah Deklarasi Kampanye Damai oleh seluruh Pasangan Calon, Tim Kampanye, dan Pendukung Pasangan Calon, setelah kegiatan tersebut selanjutnya adalah Penandatanganan Deklarasi Bersama Patuh Terhadap Peraturan Lalu Lintas, Anti Kekerasan dan Anarkis, naskah ini berasal dari Kapolres Kuningan.

Lalu setelah itu kegiatan akhir setelah pembacaan naskah dan penandatanganan adalah Pelepasan Balon Gas dan Burung Merpati sebagai simbol tentang perdamaian yang dilakukan oleh Seluruh Pasangan Calon, Komisioner KPU Kabupaten Kuningan, Komisioner Panwaslu Kabupaten Kuningan, Plt. Bupati Kuningan, Kapolres Kuningan, Dandim 0615 Kuningan, dan Ketua DPRD Kuningan. Berikutnya setelah kegiatan pelepasan selesai acara pun di tutup dan di lanjutkan dengan Pelepasan Kampanye Damai oleh Plt. Bupati Kuningan Dede Sembada.

Kirab Kampanye Damai sendiri diikuti oleh Seluruh Pasangan Calon, Tim Kampanye, dan Para Pendukungnya Masing-Masing, tujuan dari kirab ini untuk mengenalkan para Pasangan Calon Bupati ke wilayah-wilayah yang ada di Kabupaten Kuningan, rutenya mengitari beberapa kecamatan di Kabupaten Kuningan yang diantaranya Kec.Kuningan, Kec.Sukamulya, Kec.CIgugur, Kec.Ciawi, Kec.Cidahu, Kec.Maleber, Kec.Garawangi, Kec.Karangtawang, dan terakhir finish KPU Kabupaten Kuningan.***

Komentar

comments