KPU Kuningan Gelar Bimtek Relawan Demokrasi

KPU Kuningan Gelar Bimtek Relawan Demokrasi

Kuningan, Sabtu 6 Januari 2018. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kuningan menggelar Bimbingan Teknis Relawan Demokrasi yang bertempat di Hotel Prima Resort Kuningan. Kegiatan yang akan berlangsung selama 2 hari tersebut mengusung tema Strategi Meningkatkan Partisipasi Pemilih pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kuningan Tahun 2018.
Kegiatan tersebut secara resmi dibuka oleh Ketua KPU Kabupaten Kuningan Heni Susilawati. Dalam sambutannya Heni menyampaikan bahwa Relawan Demokrasi yang terdiri dari segmen Pemilih Pemula, Pmilih Perempuan, Pemilih Keagamaan, Pemilih Disabilitas, dan Pemilih Marjinal harus mampu mendorong masyarakat Kuningan secara luas demi terwujudnya peningkatan partisipasi masyarakat Kuningan dalam Pilkada Kuningan Rabu 27 Juni 2018. Peningkatan partisipasi tersebut bukan hanya bekisar pada sisi kuantitasnya saja, melainkan juga kualitasnya.

Heni juga menyampaikan bahwa bimtek kali digelarnya bimtek kali ini sangat pas karena bertepatan dengan selesainya Pelatihan Bridge di KPU Provinsi Jawa Barat yang diikuti oleh Komisioner KPU Kabupaten Kuningan Divisi SDM dan Parmas Asep Z Fauzi dan Kasubag Umum Asep Pepen Ruspendi. Artinya, perwakilan KPU Kabupaten Kuningan tersebut dapat langsung menyampaikan apa saja yang didapatnya selama pelatihan. Pembagian pengalaman dan pengetahuan yang diperoleh tersebut dapat menjadi penyegaran bagi Relawan Demokrasi dalam melakukan kegiatan sosialisasi dan pendidikan pemilih kepada masyarakat.

Setelah acara secara resmi dibuka, peserta bimtek yang terdiri dari 30 orang Relawan Demokrasi KPU Kabupaten Kuningan dipandu oleh Asep Z Fauzi untuk saling mengenal satu sama lain. Melalui sesi ini, Asep berharap bahwa Relawan Demokrasi dapat menjadi pasukan sosialisasi yang sensitivitas yang tinggi serta perka terhadap lingkungan sekitar. Hal tersebut merupakan modal dasar untuk dalam rangka menggelar sosialiasi dan pendidikan pemilih kepada masyarakat sekitar. Dengan tingkat kepedulian yang tinggi, Relasi diharapkan optimal menjalankan tugas dan fungsinya.

Pukul 16.00 WIB hari pertama (6/1) peserta bimtek akan mendapatkan materi tentang Peran Media Massa dalam Sosialisasi dan Pendidikan Pemilih yang dibawakan oleh H. Toto Santosa (Jurnalis). Pada malam harinya, sekitar pukul 19.30 WIB peserta akan mendapatkan materi tentang Partisipasi Masyarakat sebagai Implementasi Nilai-Nilai Demokrasi yang akan dibawakan oleh Ketua KPU Kabupaten Kuningan Heni Susilawati.

Pada hari kedua (7/1), peserta bimtek akan mendapatkan pemaparan materi mengenai Pendoman Teknis Sosdiklih yang akan dibawakan oleh Komisioner KPU Kabupaten Kuningan Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat Asep Z Fauzi sekitar pukul 08.30 WIB. Kegiatan Bimtek Relawan Demokrasi kemudian akan di akhiri dengan pemaparan materi dari Komisioner KPU Kabupaten Kuningan Divisi Teknis Perencanaan dan Data Dadan Hamdani yakni tentang Optimalisasi Peran Masyarakat dalam Mutarlih. ***

Komentar

comments