KPU Kuningan Gelar Bimtek Persiapan Rapat Pleno DPT

KPU Kuningan Gelar Bimtek Persiapan Rapat Pleno DPT


Kuningan, Sabtu 14 April 2018. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kuningan menggelar Bimbingan Teknis Sinkronisasi Daftar Pemilih Sementara (DPS) dengan Disdukcapil Kabupaten Kuningan dan Persiapan Rapat Pleno Daftar Pemilih Tetap (DPT)  yang berlangsung di Hotel Montana Kuningan selama dua hari terhitung mulai tanggal 13 s.d. 14 April 2018. Kegiatan tersebut dihadiri oleh Anggota PPK yang membidangi Pemutakhiran Daftar Pemilih se-Kabupaten Kuningan sejumlah 32 orang.

Adapun dasar hukum yang digunakan legitimasi kegiatan kali ini adalah PKPU Nomor 2 Tahun 2017 tentang Pemutakhiran Data dan Penyusunan Daftar Pemilih Dalam Pemilih Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan/atau Walikota dan Wakil Walikota, serta PKPU Nomor 2 Tahun 2018 tentang Perubahan atas Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 1 Tahun 2017 tentang Program, Tahapan dan Jadwal Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan/atau Walikota dan Wakil Walikota Tahun 2018.

Mengawali kegiatan, Ketua KPU Kuningan Heni Susilawati memberikan sambutan dan membuka acara secara resmi dalam sambutannya Heni menyampaikan tentang tahapan yang sudah berjalan pasca diumumkannya Daftar Pemilih Sementara (DPS), yakni Tanggapan Masyarakat terhadap DPS yang tentunya ada dokumentasi yang bisa dipertanggung jawabkan didalamnya, selanjutnya Rekapitulasi Daftar Pemilih Sementara Hasil Perbaikan (DPSHP) di desa oleh PPS pada 10 April 2018 dan dilanjutkan dengan Rekapitulasi DPSHP di Kecamatan oleh PPK .

“Ada PR besar sebelum menghadapi tahapan Penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT) ditingkat Kabupaten pada 19 April 2018 dan ditingkat Provinsi pada tanggal 20 April 2018, yang tentunya kita tak bisa bekerja secara sendiri, maka dari itu sinergi yang sudah dibangun dengan Disdukcapil dari tahun 2015 musti diupayakan dengan maksimal, terutama PR yang mendasar yaitu mendorong masyarakat yang belum melakukan perekaman agar dihimbau segera melakukan perekaman KTP-Elektronik, yang dimana dalam Rapat Koordinasi dengan Desk Pilkada pada Rabu 11 April 2018 kemarin, KPU sudah menyampaikan kepada Camat se-Kabupaten Kuningan agar mendorong pula para warganya yang belum melakukan perekaman untuk segera melakukan perekaman, tentunya pihak terkait pun memiliki target maksimal yaitu pada tanggal 18 April 2018 perekaman KTP-Elektronik dapat rampung, agar pemilih terdapat di Daftar Pemilih Tetap (DPT) nantinya. Adapun jika melewati tanggal tersebut, perekaman masih terus bisa dilakukan tapi tidak terdaftar di DPT.” tutur Heni

Selanjutnya setalah penyampaian Ketua KPU Kuningan, Kepala Disdukcapil Kuningan Drs. KMS Zulkifli, M.Si., memberikan data terkait sinkronisasi dengan data yang dihasilkan oleh KPU Kabupaten Kuningan, yaitu ada 16.108 belum melakukan perekaman KTP-Elektronik, data tersebut merupakan data terakhir hingga saat ini, selanjutnya yang sudah melakukan perekaman sebesar 12.230 dari 28.000. dan dari database disduk sendiri ditemukan 10.453 pemilih sudah memiliki KTP-Elektronik, maka dari itu Disdukcapil telah memutuskan mencetak Surat Keterangan (Suket) sebanyak 10.453 yang nantinya suket tersebut dibagikan kepada operator kecamatan yang selanjutnya suket tersebut diberikan kepada nama yang tertera dalam suket. Zulkifli juga menyampaikan bahwa suket sendiri bisa ditukarkan dengan KTP-Elektronik setelah bulan juli yaitu setelah Pilkada Serentak 2018, khusus bagi masyarakat kabupaten kuningan, Disdukcapil memberikan pelayananan berupa perekaman gratis KTP-Elektronik di car free day setiap hari minggu yang bertempat di Pendopo Kabupaten Kuningan.

“Kami bersama KPU Kuningan akan melakukan jemput bola yaitu perekaman ke desa-desa yang pemilihnya belum memiliki atau belum melakukan perekaman KTP-Elektronik , dalam rangka ikhtiar bersama mewujudkan percepatan perekaman KTP-Elektronik dan juga dalam rangka mendukung KPUD,guna memudahkan pemilih melakukan perekaman, supaya nantinya pemilih tersebut bisa menggunakan hak konstitusionalnya untuk memilih pada gelaran PIlkada Serentak 2018 nanti”. tutur DRS.Zulkifli

Berikutnya Komisioner KPU Kuningan Divisi Teknis Perencanaan dan Data Dadan Hamdani menyampaikan tujuan diadakannya kegiatan bimtek ini adalah dalam rangka persiapan menuju Penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang akan dilaksanakan hari Kamis, 19 April 2018 pukul 08.00 WIB, serta dalam rangka menghasilkan data yang fix, baik data yang dihasilkan dari hasil rekap, maupun hasil data yang disinkronisasi dengan Disdukcapil.

“bagi pemilih yang belum memiliki KTP-Elektronik, dalam langkah nyata memudahkan perekeman KTP-Elektronik, KPU Kuningan dan Disdukcapil Kunigan akan melakukan jemput bola ke setiap desa didalamnya terdapat pemilih yang belum melakukan perekaman, dan sekarang masyarakat bisa melakukan perekaman di kecamatan dan di car free day setiap minggu di pendopo kabupaten kuningan.Tujuannya adalah agar data pemilih yang memiliki kewajiban memilih sudah direkam dan masing masing mempunyai KTP-Elektronik ataupun Surat Keterangan (Suket)” tutur Dadan Hamdani.

Kegiatan bimtek ini dilakukan dalam rangka menyelesaikan A.C.3-KWK Rekapitulasi Daftar Pemilih. Potensial Non KTP-elektronik dan Menyelesaikan Data Sinkronisasi dengan Disdukcapil, kegiatan tersebut dipandu oleh Tim Program dan Data KPU Kuningan Dudung Abdul Rokhman, Toto Saptori, dan Zaka Vikryan.

Komentar

comments