KPU Kuningan Gelar Bimtek Pemungutan dan Penghitungan Suara Pilkada Serentak 2018

KPU Kuningan Gelar Bimtek Pemungutan dan Penghitungan Suara Pilkada Serentak 2018


Kuningan,Minggu 13 Mei 2018. Dalam rangka memantapkan persiapan menghadapi tahapan Pemungutan dan penghitungan Suara Pilkada Serentak 2018, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kuningan menggelar Bimbingan Teknis Pemungutan dan Penghitungan Suara pada penyelenggaraan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat, Bupati dan Wakil Bupati Kuningan 2018 yang dilangsungkan di Hotel Horison Kuningan pada Sabtu (12/05/2018) pukul 13.00 WIB s.d. selesai, Kegiatan tersebut berlangsung selama dua hari terhitung tanggal 12 Mei s.d. 13 Mei 2018. hadir pada acara tersebut Ketua KPU Kuningan Heni Susilawati, Komisioner KPU Kuningan Divisi Teknis, Perencanaan dan Data Dadan Hamdani dan Komisioner KPU Provinsi Jawa Barat Divisi Teknis Endun Abdul Haq. Adapun peserta pada kegiatan bimtek kali ini adalah Anggota PPK Divisi Teknis Se-Kabupaten Kuningan sejumlah 32 Orang.

Mengawali kegiatan, Ketua KPU Kuningan memberikan sambutan dan membuka acara secara resmi pada pukul 14.00 WIB. dalam sambutannya Heni menyampaikan bahwa pada tahapan Pungut dan Hitung Suara ini diharapkan Anggota PPK Divisi Teknis dapat memahami peranan apa saja yang harus dilakukan baik mulai dari KPPS hingga ke PPK pada hari H penyelenggaraan Pilkada Serentak 2018 , juga terkait Tempat Pemungutan Suara yang harus diperhatikan agar dapat aksesibel bagi para pemilih disabilitas, supaya dapat memudahkan para pemilih disabilitas untuk memilih pada gelaran Pilkada Serentak 2018.

“Kunci Sukses Tungsura ini berasal dari SDM dengan berpegang teguh pada DKPP Nomor 2 Tahun 2017, Pelajari dengan seksama dalam tempo yang secukup-cukupnya mempelajari PKPU Nomor 8 Tahun 2018 tentang Pemungutan dan Penghitungan Suara, serta PKPU Nomor 9 Tahun 2018 tentang Rekapitulasi Penghitiungan Suara, yang jelas diperlukan kecermatan tingkat tinggi untuk menuangkan hasil baik di TPS maupun di Kecamatan yang nanti akan rekap tungsuranya sesuai dengan tahapannya”. tutur Heni

Kegiatan di lanjutkan dengan pemaparan materi terkait mekanisme KPPS di Tempat Pemungutan Suara ketika Hari H Pemilihan, mekanisme PPS dan PPK pada tahapan Rekapitulasi dan pemaparan terkait Aplikasi Sitagis dalam tahapan P2S oleh Komisioner KPU Provinsi Jawa Barat Divisi Teknis Endun Abdul Haq.

Setelah penyampaian Komisioner KPU Jabar, kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh Komisioner KPU Kuningan Divisi Teknis Perencanaan dan Data Dadan Hamdani menjelaskan tentang bagaimana penyelenggara pemilu mau memahami regulasi, bagaimana penyelenggara pemilu itu mau meimplementasikan regulasi, bagaimana penyelenggara pemilu itu mampu menumbuhkan kepercayaan publik terhadap hasil penyelenggaraan pemilu itu sendiri, bagaimana penyelenggara pemilu itu mampu menjaga integritas, netralitas dan profesionalitas dalam bekerja.

“Serta diharapkan semua penyelenggara pemilu melalui bimtek ini dapat memahami secara menyeluruh mekanisme dan tata cara pemungutan dan penghitungan suara, lalu output kegiatan ini juga diharapakan nantinya Anggota PPK dapat mentransfer ilmu terkait tungsura kepada PPS dan KPPS secara langsung dan utuh.” tutur Dadan Hamdani.

Kegiatan berlanjut hari ini Minggu (13/05/2018) dengan penjelasan Aplikasi Situng, diskusi tentang potensi persoalan , serta penjelasan mengenai pengisian formulir formulir yang akan di lakukan di Tempat Pemungutan Suara (TPS) oleh Dadan Hamdani selaku Komisioner Divisi Teknis.***

Komentar

comments