KPU Kuningan Gelar Bimtek Mutarlih terkait Persiapan DPS

KPU Kuningan Gelar Bimtek Mutarlih terkait Persiapan DPS

Kuningan, Sabtu 28 Februari 2018. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kuningan menggelar kegiatan Bimbingan Teknis Pemutakhiran Data dan Penyusunan Daftar Pemilih yang diselenggarakan di Aula Hotel Horison pada pukul 13.00 WIB, kegiatan Bimtek ini berlangsung dua hari dari mulai tanggal 24 Februari s.d. 25 Februari 2018. Acara ini dihadiri oleh Ketua KPU Kuningan Heni Susilawati, Komisioner KPU Kuningan Divisi Teknis dan Perencanaan Data Dadan Hamdani, Kasubbag Program dan Data Dudung Abdul Rokhman dan Toto Saptori, beserta 32 Anggota PPK Divisi Teknis dan Perencanaan Data se-Kabupaten Kuningan.

Kasubbag Dasar Hukum Dudung Abdul Rokhman menyampaikan Laporan Kegiatan, bahwa dasar hukumnya adalah PKPU Nomor 2 Tahun 2017 Tentang Pemutakhiran Data dan Penyusunan Daftar Pemilih dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan/ atau Walikota dan Wakil Walikota Tahun 2018; Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 Tentang Pemilihan Umum. PKPU Nomor 5 Tahun 2018 Tentang Perubahan Atas Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 7 Tahun 2017 Tentang Tahapan, Program, dan Jadwal Pemilihan Umum Tahun 2019.

Adapun Maksud dan Tujuan di adakannya acara ini adalah Menindaklanjuti Rapat Koordinasi KPU Provinsi Jawa Barat dengan KPU Kabupaten/ Kota tanggal 19 Februari 2018 di Bandung dan Bimbingan Teknis Pemutakhiran Pemilu Tahun 2019 tanggal 20 s.d. 22 Februari 2018 di Yogyakarta, dipandang perlu untuk melaksanakan Bimbingan Teknis Pemutakhiran Data dan Penyusunan Daftar Pemilih bagi Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat dan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kuningan Tahun 2018 serta Menyamaratakan Pemahaman dan Persepsi antara KPU Kabupaten Kuningan dan Penyelenggara di tingkat kecamatan dalam persiapan penyusunan Daftar Pemilih Sementara (DPS).­

Mengawali kegiatan Ketua KPU Kuningan Heni Susilawati memberi sambutan dan membuka acara secara resmi pada pukul 13.30 WIB. Dalam sambutannya Heni kembali mengingatkan bahwa PPK bidang Pemutakhiran Daftar Pemilih diharapkan mampu menyelesaikan tugasnya secara semangat dan akurat. Hal tersebut akan berdampak kepada kualitas data pemilih yang dihasilkan untuk pilkada tahun 2018.Selain itu diharapkan  dengan bertambahnya tenaga teknis di KPU Kabupaten Kuningan semoga akan smeakin memperlancar tahapan pemutakhiran data dan daftar pemilih.

Selanjutnya Komisioner KPU Kuningan Divisi Teknis dan Perencanaan Data Dadan Hamdani memberikan arahan kepada peserta bimtek,dalam arahannya Dadan Hamdani menuturkan hal hal yang harus dilakukan diantaranya Data Pemilih menuju DPS harus dipastikan oleh Penyelenggara  sudah sesuai dengan prosedur, Formulir-Formulir Pemutakhiran Daftar Pemilih diselesaikan sesuai dengan tahapan, Operator Daftar Pemilih harus menyelesaikan Pemutakhiran Daftar Pemilih Melalui Aplikasi Sicoklit dan Sidalih, Serta pastikan fitur-fitur dalam Sicoklit dan Sidalih terisi dengan benar dan akurat.

“Serta saya harapkan dengan diadakannya kegiatan ini Hak Konstitusional Pemilih bisa Terlindungi dan agar dapat menghasilkan Daftar Pemilih yang Berkualitas. Lalu Indikator Keberhasilan kegiatan ini adalah peserta dapat memahami Aplikasi Sicoklit dan didapatkannya Data – Data Daftar Pemilih yang Otentik dan Faktual.”tutur Dadan. ***

Komentar

comments