KPU Kuningan Gelar Bimtek Mutarlih Persiapan Penyusunan DPSHP

KPU Kuningan Gelar Bimtek Mutarlih Persiapan Penyusunan DPSHP

Kuningan, Mingu 31 Maret 2018. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kuningan menggelar kegiatan Bimbingan Teknis Pemutakhiran Data dan Penyusunan Daftar Pemilih dalam Rangka Evaluasi Daftar Pemilih Sementara (DPS) dan Persiapan Penyusunan Daftar Pemilih Sementara Hasil Perbaikan (DPSHP) Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat, Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kuningan Tahun 2018 yang bertempat di Hotel Prima Resort Sangkanhurip Kuningan. Kegiatan tersebut akan berlangsung mulai tanggal 31 Maret 2018 s.d. 1 April 2018. Adapun peserta bimtek yang menghadiri kegiatan ini adalah Anggota PPK se-Kabupaten Kuningan yang membidangi Pemutakhiran Data Pemilih.

Mengawali kegiatan, Ketua KPU Kabupaten Kuningan Heni Susilawati memberikan sambutan dan membuka acara secara resmi tepat pada pukul 14.00 WIB Sabtu (31/03/2018). Dalam sambutannya heni menyampaikan apresiasinya terhadap tahapan pemutakhiran data pemilih yang telah berlangsung dengan baik , tahap pencoklitan yang sudah selesai, serta sekarang telah memasuki tahapan pengumuman Daftar Pemilih Sementara (DPS) dan tanggapan masyarakat terhadap Daftar Pemilih Sementara (DPS). Sebagaimana dalam PKPU Nomor 2 Tahun 2017 tentang  Pemutakhiran Data dan Penyusunan Daftar Pemilih, Pengumuman DPS ditempelkan di kantor desa/kelurahan, di sekretariat,Balai Rukun Tetangga (RT)/Rukun Warga (RW) dan tempat strategis lainnya.

Selanjutnya heni menghimbau kepada Anggota PPK yang mengelola wilayah binaannya masing-masing untuk mengawal secara intens dan terus menjalin komunikasi yang baik dengan PPS barangkali ada perbaikan atau sebagainya, tujuannya agar  jalannya tahapan Pengumuman DPS dalam menanggapi tanggapan masyarakat ini dapat berjalan optimal dan baik, serta  terus  mendorong dan mengingatkan  warga yang belum melakukan perekaman untuk segera melakukan perekaman, agar pemilih tersebut bisa menyuarakan hak pilihnya pada pilkada nanti .

“Harapan kami tentunya dengan dua hari disini kita outputnya terukur, setelah pulang dari kegiatan bimtek ini teman teman PPK bisa lebih siap lagi untuk menghadapi penetapan DPSHP di desa dan di kecamatan,dan sekali lagi fokus kita selagi teman-teman fokus ke aplikasi dan sebagainya, mohon di kecamatan masing masing untuk melakukan supervisi, jalin komunikasi yang baik dengan PPS, lalu bukti tanggapan masyarakat dicatat semua serta jangan lupa untuk menghubungi PPL setempat barangkali ada perbaikan dan sebagainya.” tutur Heni

Selanjutnya setelah sambutan Ketua KPU Kuningan, Komisioner KPU Kuningan Divisi Teknis dan Perencanaan Data Dadan Hamdani menjelaskan tentang hal-hal yang termasuk dalam tanggapan masyarakat terhadap pengumuman DPS yang akan dimulai hari senin 02 April 2018 s.d  Minggu 22 April 2018. Dalam menanggapi tanggapan masyarakat tersebut, formulir yang  harus diisi oleh pemilih nanti adalah formulir yang disebut  dengan Model A.1.A-KWK, yang dimana masyarakat dapat memberikan tanggapannya terkait pengumuman DPS pada model tersebut, yang termasuk dalam tanggapan masyarakat sendiri yakni ketika ada perubahan data, semisal ada kesalahan nama, salah tanggal lahir, salah jenis kelamin, salah NIK, salah data, dan atau yang bersangkutan sudah tidak memenuhi syarat lagi, semisal pemilih sudah pindah tidak menetap lagi di daerah tersebut, sudah meninggal dunia, dan sebagainya.

“Kami menghimbau dan mendorong kepada PPK Divisi Teknis dan data untuk mempersiapkan dengan baik segala sesuatunya dalam menghadapi setiap tahapan dalam pemutakhiram daftar pemilih ini,  dari mulai yang terdekat Rekapitulasi DPSHP di Kecamatan, Rekapitulasi DPSHP hasil dari Kecamatan di tetapkan oleh KPU hingga sampai penetapan DPT nanti, diharapkan juga Anggota PPK Divisi Teknis dan Data dapat bekerja secara optimal dan baik, agar data yang dihasilkan nanti  valid, akurat, bisa di tanggung jawabkan dan termutakhir, selain itu agar pemilih juga dapat menggunakan hak konstitusional nya sebagai warga negara untuk memilih pada gelaran Pilkada Serentak 2018 nanti.” Tutur Dadan Hamdani

Berikutnya narasumber dari Disdukcapil Kabupaten Kuningan H. Muhamad Mutofid, MH. Bidang Pengelolaan Informasi dan Administrasi Kependudukan (BIAK) menyampaikan hal yang berkaitan dengan Sinkronisasi Data Kependudukan dengan hasil data DPS yang di tetapkan oleh KPU Kuningan 16 Februari 2018 kemarin. Di sela sela penyampaiannya Mutofid mengatakan bahwa dalam rangka percepatan perekaman KTP-Elektronik, serta mendukung  dan  menyukseskan jalannya tahapan Pemutakhiran Daftar Pemilih dalam Pilkada ini, Disdukcapil Kuningan setiap minggu akan melakukan perekaman, hingga target 31 Mei 2018  dipastikan semua sudah terekam dan mempunyai KTP-Elektronik sehingga bisa menyuarakan hak pilihnya dalam pilkada serentak 2018 nanti.

Setelah penyampaian dari Disdukcapil Kabupaten Kuningan, kegiatan terakhir diisi dengan penyampaian materi  mengenai Aplikasi Sicoklit yang baru dan pemaparan materi terkait Penyusunan DPSHP oleh Tim Program dan Data KPU Kabupaten Kuningan Dudung Abdulrokhman, Toto Saptori, Zaka Vikryan, dan Aziv.  Tujuan dari penyampaian materi tersebut adalah sebagai pembekalan terhadap peserta sehingga dalam pengerjaan dan pengaplikasian penyusunan DPSHP nanti Operator Daftar Pemilih (ODP) dapat menggunakan aplikasi dengan baik dan optimal sehingga  penyusunan DPSHP nanti dapat berjalan lancar.***

Komentar

comments