KPU Kuningan Berikan Arahan Kepada Agen Sosialisasi

KPU Kuningan Berikan Arahan Kepada Agen Sosialisasi

Kuningan, Senin 29 Januari 2018. Komisi Pemilihan Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kuningan mengundang dan memberikan arahan kepada anggota Agen Sosialisasi KPU Kabupaten Kuningan. Kegiatan yang diselenggarakan di Aula KPU Kabupaten Kuningan terhitung sejak pukul 13.00 WIB dihadiri oleh Komisioner KPU Kabupaten Kuningan Divisi Sumber Daya Manusia dan Partisipasi Masyarakat Asep Z Fauzi dan Kasubag Teknis Jajang Jamaludin.

Pasca keluarnya pengumuman KPU Kabupaten Kuningan Nomor 66/PP/08.3-Pu/3208/KPU-Kab/I/2018 tentang Hasil Tes Tertulis dan Penempatan Wilayah Kerja Calon Agen Sosialisasi Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Kuningan Pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat Tahun 2018, maka ditetapkan 64 anggota Agen Sosialisasi yang tersebar masing-masing 2 orang di 32 kecamatan yang ada di Kabupaten Kuningan.

Komisioner KPU Kabupaten Kuningan Divisi Sumber Daya Manusia dan Partisipasi Masyarakat Asep Z Fauzi dalam forum tersebut menyampaikan bahwa rekrutmen Agen Sosialisasi tersebut berdasarkan atas intruksi dari KPU Provinsi Jawa Barat.

“Ada pun tugas pokok Anggota Agen Sosialisasi yakni sebagai penyabung lidah guna menyebarluaskan informasi, sosialisasi, dan pendidikan pemilih dalam Pilkada Serentak Rabu 27 Januari 2018. Hal tersebut hanya dapat dilakukan dengan jangkauan yang memadai dan mengetahui segmentasi pemilih dalam Pilkada Tahun 2018.” tutur Asfa, panggilan akrab Asep Z Fauzi.

Segmentasi tersebut menurut Asfa meliputi segmen pemilih pemula, pemilih perempuan, pemilih keagamaan, pemilih marginal, pemilih disabilitas. Segmentasi-segmentasi tersebut merupakan objek yang dapat dijadikan sasaran oleh Agen Sosialisasi dalam menyebarluaskan informasi, sosilasisasi, dan melakukan pendidikan pemilih.

“Untuk output dan tolok ukur keberhasilan pelaksanaan tugas Agen Sosialisasi, dapat diukur dengan meningkatnya partisipasi pemilih di wilayah kerjanya masing-masing. Maka, Agen Sosialisasi diharapkan mengetahui data pemilih minimal pada Pemilu 2014 di kecamatan masing-masing. Dengan begitu, secara kuantitas dapat diketahui meningkat atau tidaknya partisipasi pemilih di Pilkada 2018.” tutur Asfa.

Rekrutmen 64 anggota Agen Sosialisasi di KPU Kabupaten Kuningan yang ditempatkan di 32 kecamatan tersebut diharapkan dapat turut serta berperan aktif dalam merealisasikan target partisipasi masyarakat secara nasional sebanyak 77,5%. Dalam pelaksanaan tugasnya, Agen Sosialisasi harus menjunjung tinggi netralitas. Segala bentuk tata kerjanya harus mampu melayani semua pihak.

“Agen Sosialisasi dalam menjalankan tugasnya, dapat menggunakan forum formal maupun informal. Untuk itu, Agen Sosialisasi dihimbau mampu melakukan koordinasi dan komunikasi yang intensif dengan pemangku kepentingan di wilayahnya. Jalin sinergitas dengan PPK dan bermitra dengan Panwascam. Selain itu, Agen Sosialisasi dapat mengoptimalkan peran media sosial dalam rangka efektivitas penyebarluasan informasi seputar Pilkada Serentak Tahun 2018.” tutur Asfa.***

Komentar

comments