KPU Kuningan Ajak PPK Identifikasi Potensi Masalah Dalam Tahapan Mutarlih

KPU Kuningan Ajak PPK Identifikasi Potensi Masalah Dalam Tahapan Mutarlih

 

Kuningan 16 Desember 2017,  Ketua PPK dan Divisi Teknis PPK seKabupaten Kuningan mengikuti Bimbingan Teknis Persiapan Pemutakhiran Data dan Penyusunan Daftar Pemilih pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat, Bupati dan Wakil Bupati Kuningan tahun 2018 yang digelar oleh KPU Kabupaten Kuningan di Hotel Montana Kuningan Tgl. 16  s.d 17 Desember 2017.

Komisioner KPU Kabupaten Kuningan DIivisi Sumber Daya Manusia dan Partisipasi Masyarakat Asep Z. Fauzi sebagai narasumber ketiga menyampaikan materi Potensi Masalah dalam Penyusunan Mutarlih, dalam pemaparan materi tentang Potensi Masalah dalam Pemilihan Mutarlih. Menurutnya terdapat poin-poin masalah yang kerap terjadi dan sering dijumpai dalam tahapan Mutarlih, WNI terdaftar dalam daftar pemilih padahal memenuhi syarat, sudah meninggal dunia tetapi masih terdaftar dalam  daftar pemilih, jumlah penyandang disabilitas tidak terdata dengan baik, dan daftar pemilih mengandung status sebagai anggota TNI/ Polri.

Berkenaan dengan penyampaian materi di atas, Asfa panggilan akrab Asep Z Fauzi memandu dan menguji peserta Bimtek untuk membuat poin-poin masalah dan membuat cara antisipasinya. Tes tersebut bertujuan untuk mengidentifikasi potensi masalah dalam tahapan Mutarlih dan mengetahui sejauh mana kesiapan penyelenggara ditingkat kecamatan dalam menghadapi masalah-masalah.

Di akhir paparan materinya Asfa menuturkan kepada peserta Bimtek untuk memperhatikan dan konsentrasi terhadap masalah kecil sekalipun. Apa pun masalahnya, ika tidak diidentifikasi secara dini bisa menjadi hambatan ketika tahapan Mutarlih sudah berjalan nantinya.

“Saya menghimbau kepada para Ketua PPK dan Divisi teknis PPK untuk bisa konsen dan bisa mengidentifikasi secara dini masalah masalah yang akan terjadi agar mampu meminimalisir hambatan ketika proses tahapan Mutarlih dimulai”. tutur Asfa.

Komentar

comments