KPU Kabupaten Kuningan Tetapkan DPTHP-2 Pemilu 2019

KPU Kabupaten Kuningan Tetapkan DPTHP-2 Pemilu 2019

Kuningan, 13 November 2018. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kuningan telah melaksanakan rapat pleno terbuka rekapitulasi dan penetepan DPTHP-2 Pemilu Serentak Tahun 2019. Kegiatan yang berlangsung di Hotel Horison Kuningan tersebut dihadiri oleh Ketua KPU Kabupaten Kuningan Hj. Heni Susilawati, S.Sos., M.M, Komisioner Divisi Teknis Perencanaan dan Data Dadan Hamdani, S.E, Divisi Sumber Daya Manusia dan Partisipasi Pemilih Asep Z. Fauzi, S.Pd.I, Divisi Logistik Agus Ismail Yaqub, M.Pd, dan Divisi Hukum Jajang Arifin, S.Sos. Selain itu, turut pula hadir Ketua Bawaslu Kabupate Kuningan Jubaedi, S.H, Komisioner Bawaslu Kuningan Ikhsan Bayanulloh dan Abdul Jalil Hernawan.

Kegiatan yang dilaksanakan sejak pukul 10.00 WB dihadiri oleh Kapolres Kabupaten Kuningan/ yang mewakili, Dandim 0615 Kuningan/ yang mewakili, Kesbangpol Kabupaten Kuningan, Pimpinan Partai Politik/ yang mewakili tingkat Kabupaten, Ketua dan Anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) yang membidangi pemutakhiran data pemilih, serta Panwascam se-Kabupaten Kuningan.

“Data pemilih itu bersifat dinamis. Maka jangan heran jika terdapat perbedaan antara data pemilih saat pleno di PPS, PPK, dan yang sekarang direkap dan ditetapkan oleh KPU Kuningan. Karena untuk tingkat PPS dan PPK hanya dilakukan rekap, berbeda halnya dengan di KPU yang direkap sekaligus ditetapkan. Perbedaan data tersebut dapat dilatar belakangi oleh misalnya ada pemilih yang meninggal dunia atau pindah domisili di dalam rentang waktu dari mulai pleno di PPS s.d. di KPU.” tutur Dadan Hamdani dalam sambutannya saat membuka pleno.

Berdasarkan Berita Acara Nomor: 96/PL.01.2-BA/3208/KPU-Kab/XI/2018 tentang Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi dan Penetapan Daftar Pemilih Tetap Hasil Pernbaikan Kedua (DPTHP-2) tingkat Kabupaten Kuningan Pemilihan Umum Tahun 2019 menyampaikan:

  1. Rekapitulasi Daftar Pemilih Tetap Hasil Perbaikan Kedua (DPTHP-2) dan menetapkan Daftar Pemilih Tetap Hasil Perbaikan Kedua (DPTHP-2) Pemilihan Umum Tahun 2019 dengan jumlah pemilih sebanyak 845.737 dengan rincian pemilih laki-laki berjumlah 425.983 pemilih dan pemilih perempuan berjumlah 419.754 pemilih, tersebar di 32 Kecamatan, 376 Desa/Kelurahan, dan 3.566 TPS.
  2. Rekapitulasi Pemilih Potensial non KTP-el dari hasil tanggapan masyarakat terhadap DPTHP-1 dengan jumlah Pemilih sebanyak 29.034 dengan rincian pemilih laki-laki berjumlah 15.631 pemilih dan pemilih perempuan berjumlah 13.403 pemilih, tersebar di 32 Kecamatan, 376 Desa/Kelurahan, dan 3.566 TPS.
  3. Rekapitulasi Daftar Pemilih dari hasil perbaikan DPTHP-1 dengan jumlah pemilih baru sebanyak 4.119 pemilih dengan rincian pemilih laki-laki berjumlah 2.139 pemilih dan pemilih perempuan berjumlah 1.926 pemilih, pemilih tidak memenuhi syarat sebanyak 6.954 pemilih dengan rincian pemilih laki-laki berjumlah 3.655 pemilih dan pemilih perempuan berjumlah 3.299 pemilih, perbaikan data pemilih sebanyak 8.464 pemilih dengan rincian pemilih laki-laki berjumlah 4.269 pemilih dan pemilih perempuan berjumlah 4.195 pemilih, tersebar di 32 Kecamatan, 376 Desa/Kelurahan, dan 3.566 TPS.

Penyampaian Salinan Berita Acara Rekapitulasi Daftar Pemilih Tetap Hasil Perbaikan Kedua (DPTHP-2), Rekapitulasi Daftar Pemilih Tetap Hasil Perbaikan Kedua (DPTHP-2), Rekapitulasi Daftar Potensial Pemilih Non KTP-el dalam DPTHP-1,  dan Rekapitulasi Daftar Pemilih Hasil Perbaikan DPTHP-1 kepada KPU Provinsi Jawa Barat; Bawaslu Kabupaten Kuningan; Partai Politik Peserta Pemilu tingkat Kabupaten Kuningan; dan Perangkat Pemerintah tingkat Kabupaten Kuningan.

“Saya mengapresiasi kinerja penyelenggara baik ditingkat desa/kelurahan maupun kecamatan. Saya ucapkan juga terima kasih atas kerja samanya kepada pihak-pihak terkait, Pemerintah Daerah Kabupaten Kuningan, Bawaslu Kabupaten Kuningan dan jajarannya hingga tingkat desa/kelurahan, Kepolisian Kabupaten Kuningan, Dandim 0615 Kuningan, Dinas Kependudukan dan Cacatan Sipil Kabupaten Kuningan dan pihak lainnya yang telah turut serta menyukseskan tahapan Pemilu 2019 khususnya dalam tahapan pemutakhiran data pemilih.” tutur Heni mengakhiri rapat pleno.

Heni kemudian menyampaikan juga agar partai politik turut serta membantu memotivasi masyarakat khsusunya konstituennya dalam melakukan perekaman KTP-el agar partisipasi pemilihl dalam Pemilu 2019 kian meningkat. “Semoga ikhtiar-ikhtiar lainnya dilaksanakan dengan penuh semangat dan integritas agar optimalisasi tahapan dapat terwujud demi sukses Pemilu 2019.” tutur Heni.***

Komentar

comments