KPU Kabupaten Kuningan: Rekrutmen Calon Anggota PPS

KPU Kabupaten Kuningan: Rekrutmen Calon Anggota PPS

Kuningan, Jumat 03 Nopember 2017. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kuningan telah mengujungi 32 lokasi seleksi tes tertulis calon anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) di 32 kecamatan seKabupaten Kuningan.

“Tercatat di KPU Kabupaten Kuningan, jumlah total pendaftar PPS sebanyak 2.758 orang (1.914 laki-laki dan 844 perempuan). Sementara kebutuhan yang diperlukan setiap desa/ kelurahan hanya 3 orang. Artinya jumlah total kebutuhan anggota PPS yang diperlukan sebanyak 1.128 orang.” tutur Ketua KPU Kuningan, Heni Susilawati.

Soal tes tertulis yang ujikan kepada calon anggota PPS merupakan soal yang dibuat dan disegel langsung oleh KPU Provinsi Jawa Barat. KPU Kabupaten Kuningan hanya ditugaskan mengantarkan berkas soal dan lembar jawaban kepada PPK sebagai penyelenggara tahapan rekrutmen PPS. Artinya baik KPU Kabupaten/ Kota atau pun PPK dipastikan tidak ada yang mengetahui soal tersebut sebelum tes tertulis dimulai.

Tahapan berikutnya setelah seleksi tes tertulis adalah pengumuman hasil seleksi tes tertulis pada tanggal 05 Nopember 2017. Pengumuman tersebut dapat dilihat di akun facebook KPU Kabupaten Kuningan dan website KPU Kabupaten Kuningan. Bagi calon anggota PPS yang lulus seleksi tes tertulis berhak mengikuti seleksi wawancara sebagai tahapan akhir dari rekrutmen calon anggota PPS pada tanggal 6 s.d. 7 Nopember 2017.

“Calon anggota PPS diharapkan paham mengenai apa yang harus mereka kerjakan nanti di lapangan. Tentang hal tersebut telah diatur dalam PKPU Nomor 3 Tahun 2015 Pasal 12, yang salah satunya adalah melaksanakan sosialisasi penyelenggaraan Pemilihan dan/ atau yang berkaitan dengan tugas dan wewenang PPS kepada masyarakat.” tutur Heni.

Selanjutnya masyarakat Kuningan akan mengetahui siapa saja PPS terpilih dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat dan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Kuningan Tahun 2018 pada tanggal 8 Nopember 2017. Kemudian PPS seKabupaten Kuningan yang terpilih akan dilantik oleh KPU Kabupaten Kuningan secara serentak. Terkait lokasinya direncanakan di Hotel Horison Kuningan, sementara soal waktu masih dalam pembahasan.***

Komentar

comments