KPU Kabupaten Kuningan Lantik Panitia Pemilihan Kecamatan

KPU Kabupaten Kuningan Lantik Panitia Pemilihan Kecamatan

Kuningan, 31 Oktober 2017. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kuningan telah melantik 160 anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat dan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Kuningan Tahun 2018 yang bertempat di Student Centre Iman Hidayat pada hari Senin tanggal 30 Oktober 2017.

Konsep pelantikan anggota PPK mengadopsi konsep wisuda. Seluruh anggota PPK dipanggil satu persatu dan ditayangkan fotonya di layar besar. Hal tersebut dimaksudkan untuk menumbuhkan rasa bangga, terhormat, dan bahagia dalam diri PPK terpilih.

“Konsep pelantikan anggota PPK sekarang tampak berbeda dengan yang telah lalu. Itu ditandai dengan peran audio-visual dalam kegiatan tersebut. Keberadaan alat multimedia dioptimalkan untuk mengiringi acara pelantikan demi membangun suasana yang telah dikonsepkan.” tutur Ketua KPU Kuningan, Heni Susilawati.

Terdapat beberapa fragmen unik dalam pelantikan anggota PPK yang digelar oleh KPU Kabupaten Kuningan, diantaranya adalah pemutaran video kilas balik rekrutmen anggota PPK, reading marathon, ice breaking pasca pelantikan, dan penguatan terhadap anggota PPK.

“Pemutaran video kilas balik rekrutmen anggota PPK dimaksudkan untuk menumbuhkan apresiasi masing-masing anggota PPK terhadap seluruh rangkaian proses dari mulai penyerahan berkas sampai pelantikan, hingga akhirnya mereka dapat menjalani tugas dengan sebaik-baiknya dengan penuh rasa bangga.” tutur Heni.

“Ada pun tujuan reading marathon adalah untuk menumbuhkan semangat belajar, membaca, dan meningkatkan pengetahuan PPK sebagai penyelenggara. Dengan demikian PPK dapat menjadi panutan yang pantas ditingkatannya serta paham regulasi sebagai dasar hukum dalam menyelesaikan segala persoalan terkait kepemiluan di lapangan.” jelas Heni selanjutnya.

Keberadaan musik dalam prosesi pelantikan anggota PPK begitu kentara. Hal tersebut dapat dibuktikan ketika acara dimulai, yakni penayangan company profile KPU Kabupaten Kuningan yang dilatari oleh musik Mars Pilkada Kuningan. Tujuannya agar PPK tahu dengan siapa mereka akan bekerja.

Selain itu, musik epic yang membakar semangat diputar saat Bupati Kabupaten Kuningan, Ketua KPU Kabupaten Kuningan, Komisioner, Jajaran Sekretariat KPU Kabupaten Kuningan, Kasubag memasuki ruangan. Musik epic kembali terdengung ketika penanyangan video kilas balik rekrutmen PPK. Seketika suasana postif dan semarak hadir dalam prosesi pelantikan anggota PPK.

“Musik itu alat, musik itu media, musik itu universal. Semua orang menyenangi musik. Dengan melibatkan musik di beberapa bagian prosesi pelantikan PPK diharapkan mampu menyempurnakan salah satu kegiatan sakral KPU Kabupaten Kuningan yakni Pelantikan anggota PPK.” tutur Heni.

“Saya ucapkan terima kasih kepada PPK terpilih karena telah terlibat aktif dalam penjaringan penyelenggara untuk tingkat kecamatan. Selain itu, saya juga ucapkan selamat karena telah terpilih dari sekian pendaftar dan telah mengikuti prosesi pelantikan dari awal hingga akhir dengan khidmat.” tutur Heni.

Selanjutnya, Heni Susilawati menyampaikan harapannya kepada anggota PPK terpilih agar dapat memegang teguh janji yang telah diucapkan saat pelantikan, menaati kode etik sebagai penyelenggara, mampu berinteraksi dengan berbagai pihak dengan memerhatikan kode etik yang berlaku, dan memiliki inovasi dan kreativitas yang tinggi khususnya dalam pemanfaatan desain grafis dalam berbagai kegiatan-kegiatannya kemudian hari.

Pasca pelantikan, anggota PPK tidak langsung pulang. KPU Kabupaten Kuningan memeberikan arahan kepada PPK. Asep Z Fauzi selaku Komisioner KPU Kabupaten Kuningan Divisi SDM dan Parmas didampingi Ketua KPU Kabupaten Kuningan beberapa hal teknis terkait rekrutmen calon anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS), tata kelola anggaran, dan hal-hal lainnya.***

Komentar

comments