KPU Kabupaten Kuningan Lantik 1.128 Anggota PPS

KPU Kabupaten Kuningan Lantik 1.128 Anggota PPS

Kuningan, Senin 13 November 2017. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kuningan telah melantik 1.128 anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) Pilkada Serentak Tahun 2018 pada hari Sabtu tanggal 11 November 2017 yang bertempat di Student Centre Iman Hidayat Universitas Kuningan.

Ihwal konsep pelantikan anggota PPS sekarang dengan yang lalu dan pelantikan PPK beberapa waktu ke belakang terdapat perbedaan. Dari sisi teknis, pelantikan anggota PPS seKabupaten Kuningan yang sekarang dilakukan oleh KPU Kabupaten Kuningan. Berbeda dengan yang lalu yakni dilakukan oleh PPK di kecamatan masing-masing.

“KPU tetap mengoptimalkan keberadaan multimedia dalam rangkaian proses pelantikan anggota PPS. Konsep pelantikan anggota PPS sekarang itu mengusung konsep semangat kebersamaan, solidaritas, netralitas, integritas, dan profesionalitas.” tutur Heni Susilawati, Ketua KPU Kabupaten Kuningan.

Selanjutnya Heni menjelaskan bahwa dalam pelantikan anggota PPS sekarang ada sesi membacakan asmaul husna yang dipimpin oleh 32 orang PPK seKabupaten Kuningan dan diikuti oleh semua orang yang hadir. Hal tersebut bertujuan untuk menumbuhkan semangat spritualitas penyelenggara agar dapat menjalankan tugasnya dengan amanah dan tanggung jawab.

“Demi kelancaran tugas, ada tiga kecerdasan yang harus dipenuhi oleh penyelenggara yakni kecerdasan intelektual, spiritual, dan emosional. Kalau ketiganya sudah dikuasai insyaallah segala tugas yang diemban akan terlaksana dengan baik.” tutur Heni.

Di samping penguasaan tiga kategori kecerdasan di atas, Heni juga menjelaskan bahwa demi keberhasilan melaksanakan tugas diperlukan juga kerja tim yang baik. Segala penetapan atau pelaksanaan tugas hanya dapat dicapai oleh kejujuran dan kekompakan sesama penyelenggara.

“Jumlah pendaftar PPS sebanyak 2.758 orang sementara kebutuhan yang diperlukan hanya 1.128 orang. Jumlah anggota PPS laki-laki sebanyak 915 orang yakni sekitar 81,1 % dan jumlah anggota PPS perempuan sebanyak 213 orang yakni sekitar 18,9%. Dari segi usia, jumlah anggota PPS yang lebih dari 36 tahun sebanyak 503 orang.” tutur Heni

Selanjutnya Heni mengatakan dari segi pendidikan terakhir, anggota PPS Pilkada Serentak Tahun 2018 terdapat 600 orang S1 yakni sekitar 53%, SLTA 458 orang, S2 sebanyak 42 orang, dan D3 sebanyak 28 orang. Sekitar 868 orang anggota PPS merupakan wajah-wajah baru dalam penyelenggara. Untuk itu, program bimtek akan KPU Kabupaten Kuningan optimalkan demi menumbuhkan wawasan penyelenggara ditingkat desa/ kelurahan.

Setelah KPU Kabupaten Kuningan melantik anggota PPS secara serentak, agenda terdekat KPU Kabupaten Kuningan yakni Sosialisasi UU No. 7 Tahun 2017 yang akan diselenggarakan di Hotel Horizon tanggal 15 November 2017 pukul 11.00 WIB, Bimtek PPK tanggal 17 November 2017 di Wisma Permata Kuningan, dan Peresmian Tahapan Pilkada tanggal 19 November 2018 yang direncanakan di Al Kenzie Convention Hall.***

Komentar

comments