KPU Kabupaten Kuningan Akan Gelar Bimtek Terpadu

KPU Kabupaten Kuningan Akan Gelar Bimtek Terpadu

Kuningan, Kamis 28 Desember 2017. Berdasarkan Surat Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kuningan Nomor 340/PP/07.3-SD/3208/KPU-Kab/XII/2017, KPU Kabupaten akan menggelar Bimbingan Teknis Terpadu. Kegiatan tersebut akan dilaksanakan selama 2 hari terhitung sejak tanggal 29 s.d. 30 Desember 2017 di Hotel Prima Resort Kuningan. Kegiatan yang mengusung tema “Mewujudkan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kuningan Tahun 2018 dengan DAMAI” tersebut akan dihadiri oleh Ketua dan Anggota Panwaslu Kuningan; Ketua Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Anggota PPK Divisi Teknis seKabupaten Kuningan; serta Ketua dan Anggota Panwascam seKabupaten Kuningan.

Di hari pertama nanti (29/12), peserta Bimtek Terpadu akan mendapatkan pemaparan mengenai Penguatan Hubungan Kelembagaan antara Lembaga yang akan dibawakan oleh Ketua KPU Kabupaten Kuningan Heni Susilawati.  Selanjutnya, mengenai Perbawaslu tentang Pengawasan Mutarlih yang akan dibawakan oleh Ketua/ Anggota Panwaslu Kabupaten Kuningan. Beranjak pada sore harinya, peserta akan dipandu oleh Komisioner KPU Kabupaten Kuningan Divisi Teknis Perencanaan dan Data untuk memahami tentang Tugas, Fungsi, dan Tata Kerja PPDP. Selanjutnya Dadan akan memaparkan mengenai Tugas dan Fungsi PPS dan PPK dalam Pelaksanaan Pemutakhiran Daftar Pemilih. Kemudian di sesi akhir hari pertama, peserta akan mendapatkan materi tentang Peran Panwas dalam Tahapan Pemutakhiran Daftar Pemilih.

Di hari kedua (30/12), peserta Bimtek Terpadu akan dipertemukan dengan pihak kepolisian. Direncakan Kapolres Kuningan akan memaparkan materi mengenai Peran Kepolisian dalam Pilkada. Setelah itu, Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Kuningan akan memaparkan mengenai Perkembangan Data Kependudukan.

“Semoga dengan digelarnya Bimtek Terpadu nanti, seluruh peserta yang hadir yakni antara penyelenggara pemilu dan pengawas pemilu semakin sinergis dalam menyukseskan Pilkada Serentak Rabu 27 Juni 2018. Selain itu, forum ini dapat pula dijadikan sebagai momen silaturahmi untuk saling membangun soliditas antara penyelenggara dan pengawas. Dihadirkannya Kepolisian dan Disdukcapil juga merupakan ikhitar dalam peningkatan pengetahuan tentang peran pengamanan dan data penduduk Kuningan guna melayani hak masyarakat Kuningan dalam memilih.” tutur Heni.***

Komentar

comments