KPU Gelar Monitoring dan Pengawasan Pelaksanaan Regulasi Kepemiluan

KPU Gelar Monitoring dan Pengawasan Pelaksanaan Regulasi Kepemiluan

Kuningan, 8 November 2018. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Republik Indonesia menggelar kegiatan monitoring dan pengawasan pelaksanaan regulasi kepemiluan. Kegiatan yang berlangsung di Hotel Ayong Kuningan tersebut dihadiri oleh Anggota Komisi 2 DPR-RI Yanuar Prihatin, Ketua KPU Kabupaten Kuningan Hj. Heni Susilawati, S.Sos., M.M., Komisioner KPU Kabupaten Kuningan Divisi Sumber Daya Manusia dan Partisipasi Masyarakat Asep Z. Fauzi, S.Pd, Divisi Logistik Agus Ismail Yaqub, M.Pd, Divisi Hukum Jajang Arifin, S.Sos, dan Anggota Bawaslu Kabupaten Kuningan Ondin Sutarman.

Kegiatan tersebut turut serta dihadiri oleh Plt Sekretaris KPU Kabupaten Kuningan Asep Pepen Ruspendi, S.E., Kasubag Program dan Data Dudung Abdul Rokhman, S.E, Kasubag Teknis Jajang Jamaludin, S.Sos, dan Kasubag Hukum Dedi Fristiadi, S.H. Selain, turut hadir pula peserta dari pelbagai unsur yakni mahasiswa, pemilih pemula, tokoh pemuda, dan tokoh masyarakat/ agama.

Bertindak sebagai penyaji pertama, Heni menyampaikan perihal pelaksanaan Pemilu Tahun 2019 yang akan digelar pada hari Rabu tanggal 17 April 2019. Selanjutnya Heni menyampaikan dalam Pemilu 2019, pemilih akan memilih Presiden dan Wakil Presiden, DPR RI, DPD RI, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten/Kota.

Dalam kesempatan yang sama, Heni menyampaikakn juga agar setiap elemen senantiasa berkenan untuk mengecek namanya apakah sudah terdaftar sebagai pemilih atau belum. “Caranya mudah, bagi pengguna android dapat mengunduh aplikasi KPU RI Pemilu 2019 di PlayStore kemudian masukan NIK dan Nama. Jika sudah terdaftar maka akan muncul data milik NIK dan Nama yang diinput. Selain itu, bias juga dengan cara manual yakni mengunjungi ke desa/kelurahan untuk melihat DPT yang sudah di print out dan ditempel.” tutur Heni.

Masuk sesi materi kedua, Ondin menyampaikan mengenai tugas Bawaslu sesuai Undang-Undang No 7 Tahun 2017 Pasal 93 diantaranya yakni menyusun Standar tata laksana pengawasan Penyelenggaraan Pemilu Untuk Pengawas  Pemilu di setiap   tingkatan; melakukan Pencegahan dan Penindakan terhadap Pelanggaran Pemilu dan Sengketa Proses Pemilu; mengawasi Persiapan Penyelenggaraan Pemilu; mengawasi pelaksanaan tahapan Penyelenggara Pemilu; mencegah terjadinya Praktik Politik Uang; mengawasi Netralitas Aparatur Sipil Negara, Netralitas anggota Tentara Nasional Indonesia, dan Netralitas Anggota Kepolisian Republik Indonesia; mengawasi pelaksanaan putusan/keputusan; dll.

Selanjutnya, pada sesi terakhir Yanuar Prihatin, kepada peserta yang didominasi oleh mahasiswa dan pemilih pemula mengingatkan bahwa sebagai generasi muda harus peka terhadap regulasi pemilihan. Hal tersebut dapat menjadi bekal untuk keterserapan pemahaman tentang pemilu sehingga dapat disebarluaskan kepada lingkungan sekitar untuk tujuan mencerdaskan masyarakat sebagai pemilih.***

 

Komentar

comments