KPU dan Panwas Mantapkan Sinergitas Dalam Tahapan Tungsura

KPU dan Panwas Mantapkan Sinergitas Dalam Tahapan Tungsura

Kuningan, Kamis 14 Juni 2018. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kuningan menggelar Bimbingan Teknis Terpadu Pemungutan dan Penghitungan Suara (P2S), serta Rekapitulasi Hasil Penghitungan Suara Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat, Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kuningan Tahun 2018 di Hotel Montana Kuningan Selasa (12/06/2018) pada pukul 09.00 WIB s.d selesai. Kegiatan tersebut dihadiri oleh Ketua KPU Kabupaten Kuningan Heni Susilawati, Komisoner KPU Kuningan Divisi Teknis Perencanaan dan Data Dadan Hamdani, Komisioner KPU Kuningan Divisi SDM dan Parmas Asep Z.Fauzi, Ketua Panwaslu Kabupaten Kuningan Jubaedi, Komisioner Panwaslu Kabupaten Kuningan Abdul Jalil Hermawan, beserta Anggota PPK dan Anggota Panwascam se-Kabupaten Kuningan.

Adapun dasar hukum kegiatan ini adalah PKPU Nomor 8 Tahun 2018 tengang Pemungutan dan Penghitungan Suara Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan/atau Walikota dan Wakil Walikota, serta PKPU Nomor 9 Tahun 2018 tentang Rekapitulasi Hasil Penghitungan Suara dan Penetapan Hasil Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan/atau Walikota dan Wakil Walikota.

Dalam kegiatan tersebut, Ketua KPU Kuningan Heni Susilawati menyampaikan   bahwa diadakannya bimtek ini adalah sebagai ikhtiar untuk menumbuhkan pemahaman yang sama terkait tahapan tungsura ini.

“Kegiatan ini merupakan momen untuk mempererat sinergi antara KPU dan Panwas, dengan tujuan agar jalannya  tahapan Pemungutan dan Penghitungan Suara Pilkada Serentak 2018 nanti dapat berjalan lancar dan sukses tanpa ekses.” tutur Heni

Selanjutnya Ketua Panwaslu Kabupaten Kuningan juga menyampaikan kepada para Pengawas TPS untuk dapat memperdalam pemahaman terkait Tahapan Pemungutan dan Penghitungan Suara dengan membaca PKPU Nomor 8 Tahun 2018, hal ini dilakukan agar terdapat keselerasan pemahaman terkait tahapan yang sedang berlangsung baik antara KPPS dan Pengawas TPS, maupun antara PPK dan Panwascam.

Ini merupakan momentum yang amat baik, karena dengan diadakannya kegiatan ini nantinya ketika ada kendala teknis dilapangan, baik PPK maupun Panwascam dapat menanggulangunya dengan baik dengan tidak adanya kesalahan komunikasi / miss understanding antar penyelenggara dan bidang pengawasan.” tutur jubaedi

Lalu berikutnya Heni Susilawati selaku narasumber pada kegiatan tersebut memaparakan materi tentang Arahan Umum Persiapan Pelaksanaan Tungsura,  penyampaian materi ini bertujuan untuk menambah pemahaman kepada PPK maupun Panwascam terkait Alur Tahapan Tungsura di TPS ketika hari H. heni juga menyampaikan bahwa target pilkada kali ini di kabupaten kuningan adalah zero mistake (nol kesalahan), untuk mewujudkan hal tersebut maka diharapkan PPK dan Panwascam dapat bersinergi dengan baik saling bahu membahu demi terciptanya Pilkada Kabupaten Kuningan yang lebih baik dari Pilkada Sebelumnya.

Selanjutnya Abdul Jalil Hermawan  sebagai narasumber kedua ia menerangkan tentang Fokus Pengawasan Panwas terhadap Tahapan Pemungutan dan Penghitungan Suara Pilkada Serentak 2018, lalu narasumber ketiga Dadan Hamdani Komisioner Divisi Teknis menyampaikan tentang Tata Cara Pemungutan dan Penghitungan Suara di TPS dan Rekapitulasi Penghitungan Suara di TPS dan PPK serta Pemantapan Aplikasi Situng Pilkada 2018, lalu narasumber terakhir Asep Z.Fauzi selaku Komisoner Divisi SDM dan Parmas menerangkan tentang Stategi Sosialisasi Menjelang Pilkada, yang di dalamnya terdapat pengarahan bagaimana cara meningkatkan partisipasi pemilih dalam pilkada 2018 demi mencapai target yang dicanangkan KPU RI 77,5 %.

Diakhir kegiatan Dadan Hamdani mengatakan walaupun tupoksi kedua lembaga ini berbeda, baik PPK dengan PKPU nya,maupun Panwascam dengan Perbawaslu nya, namun makna dan tujuan yang mereka miliki adalah sama yaitu lancarnya dan suksesnya Pilkada Serentak 2018. diketahui yang membedakan antara PPK dan Panwascam hanyalah tugas dan fungsinya saja, dimana PPK sebagai Pelaksana Teknis di lapangan, dan Panwascam sebagai  Bidang Pengawasan.

“Diharapkan melalui kegiatan yang diselenggarakan ini dalam pelaksanaan tahapan pilkada serentak 2018 nanti baik PPK beserta jajarannya, maupun Panwascam beserta jajarannya dapat menjalankan tupoksinya masing-masing dan juga dapat menjalankan fungsi dan tugasnya masing-masing secara efektif, agar jalannya tahapan Pilkada di Kabupaten Kuningan berjalan baik, berintegritas, dan berkualitas”. tutur Dadan Hamdani.***

Komentar

comments