KPU Ajak Mahasiswa Menjadi Pemilih Cerdas

KPU Ajak Mahasiswa Menjadi Pemilih Cerdas

Dalam upaya meningkatkan partisipasi pemilih dalam penyelenggaraan pemilu serentak 2019, KPU kabupaten Kuningan mengadakan kegiatan sosialisasi pendidikan pemilih untuk kelompok mahasiswa asal Kuningan  yang kuliah di wilayah Cirebon yang di wadahi oleh Ikatan mahasiswa Kuningan bertempat di Buper 1001 Tangga Desa Singkup Kecamatan Pasawahan Kabupaten Kuningan, Sabtu 30 Maret 2019. Hadir dalam acara tersebut dari unsur PPK dan Panwascam Pasawahan serta akademisi STKIP Muhammadiyah Kuningan Agus Saeful Anwar. Kegiatan tersebut dihadiri lebih dari 100 mahasiswa.

Dalam sambutannya, Ketua IMK Muhammad Said Furqon mengatakan sangat mendukung kegiatan sosialisasi yang dilakukan oleh KPU, karena dengan sosialisasi ini banyak memberikan informasi dan pengetahuan yang berhubungan dengan Pemilu serentak 2019. Mahasiswa merupakan kelompok terdidik harus memahami proses, informasi dan waktu pelaksanaan pesta demokrasi ini, untuk itu sosialisasi ini diharapkan dapat berkesinambungan sehingga kelompok mahasiswa  yang sudah terdaftar di DPT, DPTb atau DPK dapat menyalurkan hak pilihnya.

Sementara itu Komisioner KPU Kuningan Divisi SDM, Sosdiklih dan Parmas Dudung Abdu Salam dalam paparan materinya menyampaikan tentang pentingnya warga menyalurkan hak politik dalam pemilu, karena dengan pemilu ini proses regenerasi kepemimpinan ditentukan, partisipasi politik warga meningkat dan juga masyarakat dapat menentukan pilihan wakil eksekutif maupun legislatif.

Dalam Pemilu 2019 mempunyai perbedaan dengan pemilu sebelumnya, karena pemilu kali ini diselenggarakan secara serentak, dimana pemilih akan mendapatkan 5 surat suara dan memilih secara langsung Presiden dan Wakil Presiden, DPR, DPRD 1, DPRD 2 dan DPD, cara-cara pencoblosan dan partai politik peserta pemilu. Kemudian dalam kaitannya dengan menjaga hak pilih, KPU berharap warga kuningan khususnya kelompok disabilitas untuk mengecek namanya dalam DPT atau DPTb maupun DPK supaya pada waktunya dapat memilih.

Selain itu Dudung mengajak mahasiswa untuk menjadi pemilih Cerdas, yaitu pemilih yang harus memilih sesuai dengan keyakinan dan pilihannya. Lebih lanjut KPU mengajak mahasiswa untuk membuat gerakan moral mengajak masyarakat untuk datang ke TPS pada hari rabu 17 April 2019, sehingga partisipasi masyarakat sebesar 77,5 % dapat terwujud.***

Komentar

comments