KPU Ajak Elemen Masyarakat Sosialisasikan Pemilu

KPU Ajak Elemen Masyarakat Sosialisasikan Pemilu

Waktu pelaksanaan Pemilu serentak 2019 tinggal tersisa sekitar 2 minggu lagi, berbagai persiapan berkaitan dengan tahapan pelaksanaan pemilihan terus dilakukan. Bagian terpenting dari tahapan tersebut adalah sosialisasi pemilihan kepada semua lapisan masyarakat, hal ini sesuai  surat edaran KPU no 179/PP.08-SD/06/KPU/I/2019 tentang sosialisasi pemilu serentak 2019. KPU wajib melakukan sosialisasi lebih luas dan dengan menggunakan berbagai sosialisasi.

“Strategi sosialisasi yang dilakukan dilakukan dengan berbagai cara antara lain membentuk relawan demokrasi yang menjangkau 11 basis. Kunjungan lapangan melalui KPU goes to School/Campus, sosialisasi ke pasar, car free day ke pesantren dan titik titik kumpulnya msayarakat. Hal ini dilakukan agar masyarakat mengetahui proses dan tahapan pemilu ini.” Tutur Dudung Abdu Salam Komisioner KPU Kuningan Divisi SDM dan Parmas.

Dirinya kemudian menjelaskan bahwa sosialisasi seperti demikian bukan hanya tugas KPU semata, walaupun KPU memiliki perangkat mulai dari PPK, PPS, relawan tapi personilnya sangat terbatas. Oleh karena itu perlu elemen lain yang dapat membantu sosialisasi ini yaitu tokoh masyarakat dan tokoh agama untuk disampaikan ke masyarakat, misalnya dalam kegiatan posyandu, rapat desa, jumsih ataupun sebelum solat jum’at.

Adapun informasi yang dapat di sampaikan kepada masyarakat sesuai surat edaran KPU tersebut antara lain; bagaimana pentingnya pemilu, Cek DPT melalui info pemilu, hari dan waktu pencoblosan jenis dan jumlah surat suara cara-cara mencoblos, ajakan anti golput dan politik uang serta cara memerangi hoak. “Tapi KPU meyakini, di minta ataupun tidak, tokoh agama dan tokoh masyarakat telah mengambil peran itu, agar pemilu terlaksanan dengan baik, jujur dan lancar dan angka partisipasi  yang ditargetkan KPU sebesar 77,5 % dapat terwujud.” pungkasnya.***

Komentar

comments