Gerakan Coklit KPU Kabupaten Kuningan Berlangsung Semarak

Gerakan Coklit KPU Kabupaten Kuningan Berlangsung Semarak

Kuningan, Sabtu 20 Januari 2018. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kuningan menggelar coklit (pencocokan dan penelitian) secara serentak kepada seluruh masyarakat Kabupaten Kuningan. Gerakan coklit yang merupakan bagian dari tahapan pemutakhiran data dan daftar pemilih, mengacu pada Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) No 1 Tahun 2018 tentang Tahapan, Program, dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan/ atau Walikota dan Wakil Walikota Tahun 2018 diselenggarakan secara serentak terhitung tanggal 20 Januari s.d. 18 Februari 2018.

Sesuai dengan surat tugas KPU Kabupaten Kuningan Nomor 53/PL.03.1-ST/3208/KPU-Kab/I/2018, Komisioner KPU Kuningan, Sekretariat KPU Kuningan, dan Staf KPU Kuningan dibagi ke dalam beberapa tim untuk melakukan supervisi pada opinion leader di Kabupaten Kuningan. Terbagi ke dalam 6 tim yakni tim pertama Ketua KPU Kabupaten Kuningan Heni Susilawati, Kasubag Teknis Jajang Jamaludin dan Jaja Zaenal Arifin bertugas ke kediaman H. Acep Purnama, S.H., M.H. Tim kedua terdiri dari Komisioner KPU Kuningan Divisi SDM dan Parmas Asep Z Fauzi, Kasubag Hukum Dedi Fristiadi dan Suga Utama ke kediaman M Ridho Suganda, M.Si.

Berikutnya tim ketiga terdiri dari Komisioner KPU Kuningan Divisi Logistik Agus Ismail Yaqub, Toto Saptori, dan Rismayanti ke kediaman H. Dudy Pamuji, S.E., M.Si. Tim keempat Sekretaris KPU Kuningan Upi Shopian, Oban Sarbini, Iwan Hernawan ke kediaman H. Udin Kusnedi, S.E., M.Si. Tim kelima Komisioner KPU Kuningan Divisi Teknis Perencanaan dan Data Dadan Hamdani, Kasubag Umum Asep Pepen Ruspendi dan Rahmat Taofik ke kediaman dr. Toto Tauffikurohman Kosim. Dan tim keenam Komisioner KPU Kuningan Divisi Hukum Jajang Arifin, Kasubag Program dan Data Dudung Abdul Rokhman, dan Sumarno ke kediaman Dede Sembada.

Kegiatan coklit diawali dengan apel pagi yang digelar di setiap kecamatan/ sekretariat PPK seKabupaten Kuningan. Kegiatan apel tersebut turut pula dihadiri oleh Komisioner KPU Kuningan, Sekretariat KPU Kuningan, PPK, PPS, Panwaslu Kuningan, Panwascam, dan PPL di wilayah kerja masing-masing.

Selain itu, Komisioner KPU Provinsi Jawa Barat Endun Abdul Haq turut serta mendampingi kegiatan coklit di Kabupaten Kuningan. Tepat pukul 09.00 WIB, Endun secara langsung hadir dan mengikuti serta memberikan arahan pada apel pagi yang digelar oleh PPK Kecamatan Kuningan di Halaman Gedung IPHI Kabupaten Kuningan.

“Saya mengapresiasi dan yakin bahwa gerakan coklit yang dilaksanakan oleh PPDP di Kabupaten Kuningan akan berjalan lancar dan sukses. Untuk itu, segala tugas yang diemban harap dilaksanakan sesuai dengan aturan yang berlaku. PPDP diharapkan pula ramah ketika melakukan coklit. Hal itu menunjukan bahwa PPDP yang merupakan bagian dari KPU siap untuk melayani semua masyarakat dalam mendapatkan hak pilihnya pada Pilkada Serentak Rabu 27 Juni 2018.” tutur Endun.

Pasca memberikan arahan, Endun didampingi oleh Ketua KPU Kabupaten Kuningan Heni Susilawati melanjutkan supervisi coklit ke rumah masyarakat di wilayah Kecamatan Ciawigebang. Dari situ, perjalanannya dilanjutkan ke Kecamatan Cidahu, Kecamatan Cimahi, dan Kecamatan Cibingbin hingga perbatasan antara Jawa Barat dan Jawa Tengah dan berakhir tepat pada pukul 18.00 WIB.

Mengakhiri kegiatan coklit hari ini (20/1), Heni menyampaikan bahwa opinion leader dalam tahapan coklit ini dibangun untuk menumbuhkan semangat masyarakat di sekitarnya agar turut serta berperan aktif dalam pemutakhiran data dan daftar pemilih. Sehingga ouputnya diharapkan bahwa partisipasi masyarakat Kabupaten Kuningan dalam Pilkada Serentak Tahun 2018 dapat meningkat secara signifikan baik kualitas maupun kuantitasnya. Heni menyampaikan juga bahwa coklit yang dilakukan serentak hari ini merupakan langkah awal dalam tahapan pemutakhiran data dan penyusunan daftar pemilih. Diharapkan hingga tanggal 18 Februari 2018, semua masyarakat Kuningan sudah terdaftar dan mampu mendapatkan hak pilihnya dalam Pilkada Serentak Rabu 27 Juni 2018.***

Komentar

comments