Bridge dan Kahoot Masuk Cidahu

Bridge dan Kahoot Masuk Cidahu

Kuningan, 25 November 2017. Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Cidahu telah menggelar bimtek kepada Panitia Pemungutan Suara (PPS) di wilayah kerjanya pada hari Jumat tanggal 24 November 2017 yang bertempat di Aula Bale Desa Cieurih.

Penyelenggaraan bimtek tersebut sebagai tindak lanjut atas bimtek yang sebelumnya telah diselenggarakan oleh KPU Kabupaten Kuningan kepada seluruh PPK seKabupaten Kuningan di Hotel Horison tanggal 21 s.d. 22 November 2017. PPK mengemban tanggung jawab untuk meneruskan apa yang telah diperolehnya pasca bimtek untuk disalurkan ke tingkat PPS.

“Kami, PPK Cidahu akan berusaha seoptimal mungkin menjalankan amanah dan tugas yang dimandatkan oleh KPU Kabupaten Kuningan. Segala yang kami dapat di Horison kemarin, semuanya kami salurkan kepada PPS, guna menyiapkan pasukan penyelenggara yang berkualitas. Sebelum bimtek di Aula Desa Cieurih, kami juga telah menggelar bimtek PPS di Kecamatan Cidahu. Jadi total kami telah menggelar bimtek sebanyak 2 kali.” tutur Didi Maryadi, Divisi Teknis PPK Cidahu.

Sekitar 36 orang anggota PPS yang tersebar di 12 Desa hadir menjadi peserta bimtek dan mengikuti semua tahapan dengan baik. Hal tersebut dibuktikan dengan kemampuan mereka dalam menerima materi yang ditransferkan melalui metode Building Resources In Democratic, Government and Election (Bridge). Bridge secara fundamental mengarah kepada sebuah model pengembangan kemampuan Capacity Building di bidang Administrasi Penyelenggaraan Pemilihan Umum.

Selain Bridge, Kahoot pun sudah sampai ke Cidahu. Kahoot merupakan sebuah aplikasi permainan yang mengasah pengetahuan berbasis internet. Setiap anggota PPS Cidahu mula-mula harus memasukan pin pada aplikasi Kahoot, setelah itu dengan durasi waktu terbatas mereka diharuskan mejawab pertanyaan. Bagi peserta yang paling cepat dialah yang akan keluar menjadi pemenangnya.

Didi selanjutnya mengatakan bahwa rencana bimtek ke depan akan digelar di pelbagai titik wilayah Kecamatan Cidahu. Jadi tidak hanya terpusat di Kecamatan atau Desa tertentu saja. Hal tersebut dimaksudkan agar semua sudut Kecamatan Cidahu dapat terjamah.

“Ada yang menarik dan tak biasa dari penyelenggaraan bimtek oleh PPK Cidahu, yakni dalam rangkaian acaranya disisipi oleh paduan suara yang menyanyikan lagu Mars Pilkada Kuningan. Mungkin kalau paduan suara biasa itu sudah tidak asing, tapi PPK Cidahu menyuguhkan tim paduan suara 24 orang siswa kelas 4 dan 5 SD N Cieurih asuhan Pak Memed, Divisi SDM dan Parmas PPK Cidahu. Bagi saya, hal tersebut merupakan kreativitas yang baik.” tutur Heni Susilawati, Ketua KPU Kabupaten Kuningan.***

Komentar

comments