Pertegas Nilai Demokrasi, Pemilihan Ketua OSIS Diusulkan Serentak

KPU Kuningan – Ketua KPU Kabupaten Kuningan mengusulkan Pemilihan Ketua OSIS (Pilkatos) di Kabupaten Kuningan digelar secara serentak. Hal ini dalam rangka mempertegas penanaman nilai-nilai demokrasi, terutama kepada calon pemilih pemula di lingkungan sekolah. Penerapan model Pilkatos serentak ini diyakini akan mendongkrak partisipasi politik kalangan terpelajar dalam ajang kontestasi Pemilu, Pilkada maupun Pilkades di masa mendatang.

Ketua KPU Kuningan, Asep Z. Fauzi, menjelaskan untuk mewujudkannya harus ada political will dan good will dari pemangku kebijakan, baik di level pemerintah daerah, dinas pendidikan maupun di tingkat satuan pendidikan. Para pihak tersebut harus konsolidasi dari sekarang. Sehingga jadwal Pilkatos dapat tertata dengan baik dan bisa diselaraskan dengan kelender akademik.

Selengkapnya Learn More

KPU Kuningan Kunjungi SMA Binaul Umah Cipari Kuningan

Kuningan, 27 November 2019. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kuningan tekah melakukan kunjungan ke SMA Binaul Umah Cipari Kuningan. Kegiatan tersebut masih dalam rangkaian agenda Rumah Pintar Pemilu (RPP) Goes To School/ Campus. Hadir dalam giat tersebut Komisioner Divisi SDM dan Parmas Dudung Abdi Salam, Komisioner Divisi Perencanaan, Data dan Informasi Asep Budi Hartono, jajaran sekretariat KPU Kabupaten Kuningan.

Selengkapnya Learn More

Kuriositas Pemilih: Mindset Anti Hoak

Petugas Panitia Pemungutan Suara (PPS) membantu warga melakukan Pemungutan Suara Ulang (PSU) di TPS 34 kelurahan Bambu Apus, Cipayung, Jakarta Timur, Sabtu (27/4/2019). Pemungutan suara ulang tersebut rata-rata dilakukan karena banyaknya pemilih yang menggunakan e-KTP tanpa memiliki A5 saat hari pencoblosan pada 17 April 2019. | AKURAT.CO/Dharma Wijayanto

Di berbagai negara di dunia, efek propaganda “semburan kebohongan” (“firehose of falsehood” propaganda) telah terbukti merusak demokrasi dan pemilu –di Pemilu Serentak 2019 lalu bagaimana hoax dan berita palsu telah menjadi wabah politik bagi bangsa Indonesia. Apalagi propaganda tersebut diperkuat dengan penggunaan teknik komputasional yang menjadikannya hoax dan berita palsu terdiseminasi dengan volume sangat besar (huge volume) dan mutikanal (multichannel).

Selengkapnya Learn More

KPU Kuningan Kunjungi UNIKU

Kuningan, 20 November 2019. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kuningan telah melakukan kunjungan ke Universitas Kuningan (Uniku). Kegiatan tersebut masih dalam rangka Rumah Pintar Pemilu (RPP) Goes To School/ Campus. Hadir dalam kegiatan tersebut Komisioner Divisi SDM dan Parmas Dudung Abdu Salam dan Komisioner Divisi Teknis Penyelenggaraan Maman Sulaeman. Kegiatan yang berlangkung di kampus Uniku tersrbut dihadiri oleh sekitar 60 mahasiswa.

Selengkapnya Learn More

KPU Luncurkan E-PPID Berbasis Android

Kuningan, 20 November 2019. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Republik Indonesia meluncurkan Aplikasi mobile layanan informasi publik (e-PPID) berbasis android. Peluncuran ini dilakukan di sela-sela kegiatan Rapat Koordinasi Kehumasan dan Pengelolaan Informasi Publik di Jakarta, yang berakhir Senin (18/11/2019).

Anggota Komisioner KPU RI, Viryan Aziz SE,MM, memimpin langsung peluncuran yang berlangsung di Hotel Mercure Ancol tersebut. Sebelumnya, saat menyampaikan sambutan, Viryan mengatakan, e-PPID merupakan bagian dari komitmen KPU RI sebagai penyelenggara pemilihan untuk terbuka dan transparan kepada masyarakat. E-PPID juga akan memudahkan masyarakat dalam mendapatkan informasi kepemiluan.

Selengkapnya Learn More