16 Parpol Pemilu 2019 Sudah Menyerahkan LADK Kepada KPU

16 Parpol Pemilu 2019 Sudah Menyerahkan LADK Kepada KPU

KPU Kuningan – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kuningan telah menerima Berkas Laporan Awal Dana Kampanye dari 16 Partai Politik Peserta Pemilu 2019, prosesi penyerahan dilakukan di Ruangan Divisi Hukum KPU Kuningan Minggu (23/09/2019) mulai pukul 08:00 s.d. 18:00 WIB.

Prosesi penyerahan dokumen oleh setiap Partai Politik Peserta Pemilu diterima langsung oleh Komisioner KPU Kuningan Divisi Hukum Jajang Arifin dan Kasubag Hukum KPU Kuningan Dedi Fristiadi.
Adapun dasar hukum kegiatan ini adalah PKPU Nomor 32 Tahun 2018 tentang perubahan kedua atas PKPU Nomor 7 Tahun 2017 tentang Tahapan Program dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Umum Tahun 2019 dan PKPU Nomor 29 Tahun 2018 tentang perubahan atas PKPU Nomor 24 Tahun 2018 tentang Dana Kampanye.

Perlu diketahui bahwa pada hari minggu (23/09/2019) penyerahan LADK oleh Partai Politik dilakukan serentak di seluruh Indonesia, untuk KPU Kabupaten Kuningan sendiri 16 Partai Politik Peserta Pemilu sudah menyerahkan berkas LADK nya, serta di hari yang sama Tim Sukses Calon Presiden dan Wakil Presiden Jokowi dan Ma’ruf Amin serta Tim Kampanye Pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden Prabowo dan Sandiaga Uno di Kabupatena Kuningan menyerahkan berkas LADK nya kepada KPU Kabupaten Kuningan, jadi ada total 18 pihak yang menyampaikan LADK nya ke KPU Kabupaten Kuningan.

Sesuai PKPU 29 Tahun 2018 tentang perubahan atas PKPU Nomor 24 Tahun 2018 tentang Dana Kampanye bahwa jika berkas LADK yang dilampirkan oleh Partai Politik ke KPU belum lengkap, maka Partai Politik dapat memperbaiki dokumen tersebut di dalam Tahapan Perbaikan LADK yang dimulai dari tanggal 23 s.d. 27 September 2018, karena memang LADK ini banyak jenis dokumennya mulai dari LADK-1 Parpol tentang Laporan Awal Dana Kampanye, LADK-2 Parpol tentang Laporan Penerimaan Sumbangan Dana Kampanye, LADK-3 Parpol Daftar Penerimaan Sumbangan Dana Kampanye, LADK-4 Parpol tentang Daftar Aktivitas Pengeluaran Dana Kampanye, LADK-5 Parpol tentang Daftar Saldo Dana Kampanye, LADK-6 Parpol tentang Surat Pernyataan Tanggung Jawab atas Laporan Awal Dana Kampanye, LADK-7 Parpol tentang Pencatatan Penerimaan dan Pengeluaran Calon Anggota DPRD Provinsi/ DPRD Kabupaten/Kota, Surat Pernyataan Penyumbang Pihak Perseorangan, Surat Pernyataan Pihak Kelompok dan terakhir Surat Pernyataan Pihak Lain Badan Usaha Non Pemerintah.

Adapun perlu diketahui pula bahwasanya LADK-7 adalah formulir khusus yang pengisiannya diisi oleh setiap Calon Legislatif yang ada dalam Partai Politik tersebut, Laporan ini didalamnya melingkupi Aktivitas Penerimaan dan Pengeluaran Kampanye yang dilakukan oleh setiap Calon Legislatif, Formulir Khusus yang wajib diisi oleh setiap Calon Legislatif baik ada aktivitas maupun tidak, yang nantinya formulir LADK-7 tersebut disampaikan ke Partai Politik lalu dokumen tersebut diserahkan kepada KPU untuk divalidasi dokumennya.

“Terkait tahapan Laporan Dana Kampanye yang tidak hanya LADK, bahwa kedepan masih ada tahapan LPSDK dan LPPDK, Kami menghimbau kepada Partai Politik khususnya melalui LO (Liaison Officer) / Tim Penghubung Partai Politik untuk tetap fokus dan serius dalam menghadapi tahapan pelaporan dana kampanye ini, karena hal ini berkaitan dengan bagaimana Partai Politik membuat Laporan dari setiap calon yang dimilikinya, bahwa kedepan laporan tersebut menjadi catatan ketika di audit oleh Kantor Akuntan Publik (KAP).” tutur Jajang Arifin Komisioner KPU Kuningan Divisi Hukum.

KPU Kabupaten Kuningan sebelumnya sudah membuka Help Desk Pelaporan Dana Kampanye untuk memudahkan Partai Politik dalam menyelesaikan segala permasalahan yang ditemui ketika mengerjakan Laporan Dana Kampanye.

“Dalam masa perbaikan LADK ini Partai Politik diharapkan dapat terus menjalin komunikasi melalui Nomor Hotline yang disediakan oleh KPU atau juga bisa datang langsung untuk menyampaikan kendala dalam pembuatan Laporan Dana Kampanye ini.” tutur Jajang Arifin Komisioner Divisi Hukum.***

Komentar

comments